Follow Us

Gokil! IBM Rilis Komputer Terkecil di Dunia. Lebih Kecil dari Butiran Beras.

Rizki Ramadan - Kamis, 22 Maret 2018 | 08:00
Komputer terkecil di dunia
Rizki Ramadan

Komputer terkecil di dunia

HAI-ONLINE.COM- Salah satu teknologi yang berkembang dengan pesat satu dekade terkahir adalah komputer. Pada 1957 komputer pertama diciptakan, ukurannya itu hampir menyamai lemari baju. Namun, saat ini, komputer ada yang berukuran lebih kecil dari butiran beras. Percaya nggak?

Minggu ini, IBM memperkenalkan sebuah komputer yang diklaim sebagai komputer terkecil di dunia. IBM berani mengklaim karena komputer yang mereka ciptakan ini memiliki ukuran 1x1mm. Lebih kecil dari butiran beras atau bahkan garam. Gokil nggak tuh?

Meskipun mungil, perangkat ini saudah dilengkapi dengan prosesor, memori dan unit komunikasi yang sudah tertanam di sebuah motherboard khusus. Kebayang nggak sih prosesornya sebesar apa? sebesar atom kali ya.

Harus diakui, tenaganya memang nggak sebesar chip smartphone masa kini. Namun hal ini bisa dimaklumi karena komputer ini memang diperuntukan untuk melacak keaslian dan pengiriman dengan basis teknologi distributed ledger.

sketsa komputer IBM
Sebelum nanya apa itu distributed ledger, HAI kasih tau duluan nih. Distributed Ledger adalah rekaman transaksi terdesentralisasi yang digunakan sebagai dasar teknologi cryptocurrency atau disebut juga mata uang virtual.

Dilansir dari The Inquirer, dengan ukurannya yang sangat mungil membuat komputer ini bisa disematkan ke berbagai macam benda, termasuk boks kemasan sekalipun. Harganya pun nggak mahal kok, sekitar 10 sen Amerika Serikat per unitnya.

Kalau menurut HAI, dengan adanya komputer mini ini, akan ada banyak tekonologi-teklonogi yang muncul seperti di film. Contohnya seperti robot berukuran lalat yang bisa memata-matai orang. Kalau ini beneran terjadi, bakal keren banget sih, fix.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular