Follow Us

Nggak Banyak yang Tahu, Alasan Kenapa Benda ini Disebut Kunci Inggris

- Kamis, 15 Maret 2018 | 08:45
Ini yang bikin benda ini disebut kunci inggris
Hai Online

Ini yang bikin benda ini disebut kunci inggris

HAI-Online.com - Buat kalian yang demen banget utak-atik motor atau mobil pasti nggak asing sama perkakas yang satu ini. Biasanya banyak orang nyebut benda ini sebagai kunci inggris. Padahal belum tentu benda itu buatan Inggris.

Biasanya, gara-gara bokap dan banyak orang yang nyebut ini kunci Inggris, makanya sebutan itu jadi umum. Di Eropa pun, benda itu disebut English Key. Di negara Perancis, Jerman, Portugal, Italia, Belanda, dan lain sebagainya sepakat menggunakan istilah English key.

Resminya sih dalam bahasa Inggris, benda ini disebut sebagai adjustable spanner, adjustable wrench, atau monkey wrench. Terus kok bisa jadi kunci Inggris?

UDAH TAU BELUM? Keren Abis! Ini Dia Tampilan Pajero Sport Terbaru

Nah, alat ini diciptakan pertama kali oleh insinyur Inggris bernama Richard Clyburn pada tahun 1842. Dalam bahasa Belanda, benda ini disebut Engelse Sleutel yang punya arti kunci Inggris.

Indonesia yang pernah dijajah Belanda, melihat benda ini langsung diterjemahkan secara harafiah sebagai "kunci inggris". Dalam perkembangannya, kunci Inggris buatan Clyburn disempurnakan lagi oleh Johan Petter Johansson dari Swedia.

Maka nggak heran di negara Denmark, Polandia, dan Israel, kunci tersebut dikenal dengan nama “Swedish key”. Jadi enggak salah juga kalau kunci Inggris juga biasa disebut sebagai kunci Swedia. Hmmm..., kalo kunci hati kamu di mana?

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest