Follow Us

Sering Salah Kaprah! Ini Bedanya Vegetarian dan Vegan

Rizki Ramadan - Jumat, 09 Maret 2018 | 13:00
Ini Beda Vegetarian dan Vegan
Rizki Ramadan

Ini Beda Vegetarian dan Vegan

HAI-Online.com - Orang yang nggak makan daging sering dibilang vegetarian. Padahal ada banyak jenis vegetarian di dunia. Nggak vegetarian hanya menyantap sayur, ada juga yang menyantap daging atau produk turunan hewani.

President International Vegetarian Union (IVU), Susianto jelasin pembagian vegetarian sesuai jenis makanan yang dikonsumsi. Pembagian kelompok vegetarian ini diharapkan juga dapat bermanfaat buat wisatawan yang mengincar makanan vegetarian.

1. Semi Vegetarian Kelompok ini nggak makan daging dalam waktu-waktu tertentu. Misal dalam satu minggu dua hari tidak menyantap daging, sisanya lima hari menyantap daging. Bagi yang sedang dalam tahap transisi menjadi vegetarian juga dapat digolongkan sebagai semi vegetarian. Cocok, nih, buat lo yang pengen mulai diet. Hehehe..

2. Pesco Vegetarian Nggak semua vegetarian menghindari daging. Contohnya kelompok pesco vegetarian. Dengan catatan kelompok ini hanya menyantap daging ikan dan hidangan laut tertentu. Sedangkan daging unggas dan daging merah nggak dimakan kelompok pesco vegetarian. Kelompok yang juga akrab disebut pescetarianism ini kadang masih menyantap telur dan susu. Sayangnya, pesco vegetarian seringkali nggak diakui oleh kelompok vegetarian lain. Hmmmm. 3. Lacto-ovo Vegetarian Kelompok ini nggak makan daging unggas, daging merah, dan sea food. Tapi lacto ovo vegetarian masih makan protein hewani macam susu dan telur.

4. Vegan Kelompok vegan sama sekali nggak makan daging dan produk turunan hewan. Mereka cuma dapat sumber gizi dari sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, umbi-umbian, dan jamur-jamuran.

5. Kelompok Vegetarian karena Kepercayaan Ada beberapa kepercayaan seperti Buddha, Hindu, Taoisme, dan Jaina yang dalam ajarannya nggak makan daging. Selain itu masing-masing kepercayaan juga melarang menyantap tumbuhan tertentu, kayak bawang atau umbi-umbian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Vegan dan Vegetarian Itu Berbeda... "

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest