Follow Us

Jomblo dan Nggak Punya Binatang Peliharaan? Wah, Siap-siap Saja Sama Kesehatan Mental Kamu

Alvin Bahar - Jumat, 16 Februari 2018 | 02:15
Kucing di atas laptop.
Alvin Bahar

Kucing di atas laptop.

HAI-ONLINE.COM - Memiliki hewan peliharaan bisa jadi cara yang menyenangkan untuk memelihara kesehatan mental. Berbagai riset menyimpulkan bahwa kehadiran anjing, kucing, burung, atau hewan peliharaan lainnya, bikin kita lebih bahagia.

Penelitian yang dilakukan oleh tim dari Universitas Liverpool, Manchester dan Southampton, Inggris, melihat bagaimana hewan peliharaan dapat berkontribusi pada pengelolaan kesehatan mental jangka panjang.

Periset menganalisis 17 makalah penelitian internasional untuk mengetahui peran hewan peliharaan pada pemiliknya yang terkait dengan kesehatan mental.

Hasilnya, orang yang sudah memiliki masalah kesehatan mental seperti stres, depresi, atau kecemasan, mendapatkan manfaat paling besar dengan memilihara hewan.

Tapi bagusnya punya kucing dan punya cewek sih.
Manfaat punya hewan peliharaan juga akan dirasakan siapa saja. Dengan memelihara hewan, kita cenderung akan lebih sering keluar rumah untuk mengajaknya jalan-jalan atau memberinya makan. Hal ini membuat kita terpapar sinar matahari dan udara segar, yang bisa meningkatkan mood.

Pemilik hewan peliharaan juga cenderung lebih sering bersosialisasi dengan orang lain. Kalo kamu nggak suka tinggal sendirian, kehadiran hewan-hewan kesayangan membuat kita merasa punya teman setia.

Di Inggris, diperkirakan ada 10 juta kucing dengan 23 persen rumah tangga yang memiliki satu atau lebih. Sementara itu, jumlah anjing di Inggris mencapai 11,5 juta ekor, dengan 30 persen rumah tangga memiliki satu atau lebih anjing peliharaan.

Data tahun 2016 menunjukkan, Indonesia jadi salah satu negara dengan jumlah hewan peliharaan yang cukup tinggi. Pangsa pasar hewan peliharaan di Indonesia mencapai 15,6 persen di Asia Tenggara.

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Lucunya Hewan Peliharaan Bikin Kita Tak Kesepian dan Sehatkan Mental"

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest