Follow Us

5 Fakta Unik Matematika yang Berhasil Diungkap Remaja 13 Tahun

Alvin Bahar - Selasa, 06 Februari 2018 | 06:45
Agnijo Banerjee
Alvin Bahar

Agnijo Banerjee

HAI-ONLINE.COM - Agniijo Banerjee, seorang anak berusia 13 tahun yang punya IQ 162 membeberkan fakta unik seputar matematika dalam buku barunya yang berjudul Weird Maths: At the Edge of Infinity and Beyond.

Ada banyak fakta-fakta unik matematika yang diungkap oleh remaja itu. Apa saja? Berikut di antaranya.

Cek deh: 5 Fakta Unik dan Menarik dari Rich Brian, Awalnya Nggak Mau Jadi Rapper!

Teorema Sandwich Daging

Dalam matematika, ada teorema yang membahas soal sandwich. Sandwich yang terdiri dari lapisan roti, keju, dan daging dinyatakan dalam teori ini bisa dibelah jadi dua bagian yang sama besar dalam sekali iris.

Ternyata, konsep "sandwich" ini bisa berlaku nggak hanya pada sandwich itu sendiri, tetapi juga hingga tingkat galaksi.

Dalam cakupan yang lebih luas, teorema ini pun masih bisa diberlakukan. Contohnya dalam lima dimensi, lima benda, apapun bentuk dan posisinya, ketika dipotong akan menghasilkan bagian yang sama persis.

Angka Terbesar

Seorang pria asal New York pernah menggugat karena dirinya digigit seekor anjing gila. Angka yang diminta sebanyak dua triliun trilun triliun dolar. Nilai terebut jauh lebih banyak daripada yang ada di Bumi.

Dalam matematika, ada istilah googol dan googoplex. 1 gogool adalah 10 pangkat 100. Sementara, 1 googoplex adalah 10 pangkat 10 pangkat 100. Saking besarnya, perlu ruang tambahan di alam semesta untuk menuliskannya.

Melihat di 4 Dimensi

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest