Follow Us

4 Manfaat Mandi Air Hangat. Dari Bikin Gampang Tidur Sampai Menghilangkan Stres

Rizki Ramadan - Kamis, 04 Januari 2018 | 10:15
Mandi Air Hangat
Rizki Ramadan

Mandi Air Hangat

HAI-online.com - Pulang sekolah, lanjut ekskul, lanjut lagi bimbel, pasti bikin badan kita capek,otot tegang, dan kepala jadi agak stres. Kalau pulangnya malam, paling enak mandi pakai air hangat. Guyuran air hangat setelah beraktivitas yang melelahkan ini emang bikin tubuh dan pikiran. kayak di-charge lagi. Tapi bukan cuma itu doang manfaatnya, mandi dengan air hangat juga bermanfaat bagi kesehatan badan. Coba simak aja, nih, beberapa manfaat mandi air hangat berikut ini.

“Mandi dengan air hangat bermanfaat buat melancarkan peredaran darah. Tapi, kalau mandi air hangat disarankan jangan sampai yang terlalu panas, karena kulit akan menjadi kering. Kalau bisa, panasnya suam-suam kuku. Dan selesai mandi tetap dibilas dengan air dingin lagi, supaya kulit nggak kering dan menutup kembali pori-pori. Disarankan juga kita jangan terlalu sering-sering mandi dengan air hangat, karena bisa bikin sakit kepala dan mengganggu pencernaan. ” kata Dr. Thyra Medithya, RS Permata Darana Husada

Mengatasi Susah Tidur

Kalau kita punya masalah dengan insomnia atau susah tidur, mandi dengan air hangat bisa jadi obatnya. Coba, deh, rendam diri dalam bak mandi berisi air hangat dan biarkan tubuh rileks. Bisa juga berdiri di bawah shower dengan air hangat. Mandi dengan air hangat akan meningkatkan suhu tubuh, lalu akan menurun secara perlahan-lahan saat kita mulai meninggalkan kamar mandi. Nah perubahan suhu ini akan memicu kita untuk mengantuk dan cepat tertidur dengan pulas. Jadi kalau kita punya masalah dengan susah tidur, sebaiknya mandi air hangat dulu.

Menghilangkan Stres

Saat kita mandi air hangat sebaiknya nggak usah terburu-buru atau tergesa-gesa. Luangkan waktu dan nikmati setiap detik untuk bersantai di dalam air hangat atau di bawah guyuran air hangat. Dengan begitu kita akan mendapatkan efek tenang pada tubuh. Mandi air hangat bisa kita lakukan setelah melakukan aktivitas yang bener-bener bikin capek. Ini bisa menghilangkan stres. Menyembuhkan flu dan sakit kepala

Air hangat pasti mengeluarkan uap. Kalau kita menghirup uap dari air hangat, ia akan berfungsi sebagai dekongestan alami. Dekongestan ini menyusutkan selaput hidung yang membengkak dan membuat kita lebih mudah bernapas. Kalau kita menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih, ini akan membantu melawan dahak dan sakit tenggorokan. Selain itu juga bisa mempercepat sirkulasi darah yang bisa membantu meringankan sakit kepala.

Rileksasi Otot Tubuh

Otot-otot tubuh yang tegang dan kaku seharian menjadi kendor akibat siraman air hangat di badan kita. Makanya nggak heran tubuh lebih rileks dan nyaman setelah mandi air hangat. Air hangat dipercaya mampu mengendurkan otot yang tegang dan kaku. Walaupun terasa sedikit panas pada awalnya, tapi setelah tubuh beradaptasi dengan suhu, maka tubuh akan terasa rileks dan otot melemas dengan sendirinya.

Melancarkan Peredaran Darah

Mandi dengan air hangat juga dipercaya mampu melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar inilah yang membuat tubuh menjadi lebih rileks. Ketika mandi dengan air hangat secara otomatis jantung akan bekerja lebih cepat, karena pembuluh darah melebar dan aliran darah jadi lebih kencang. Dengan begitu, pasokan darah dari jantung yang dialirkan ke seluruh tubuh pun menjadi lebih banyak dan lancar.

(Penulis: Meryam Zahida)

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest