Follow Us

Anak Muda Harus Tahu, Ada 5 Kota Indonesia yang Terancam kena Dampak Cairnya Es di Kutub

Rizki Ramadan - Jumat, 29 Desember 2017 | 06:45
Mencairnya lapisan es di kutub
Rizki Ramadan

Mencairnya lapisan es di kutub

HAI-online.com - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat atau NASA telah meluncurkan perangkat internet yang bisa memperkirakan kota-kota dunia yang terkena dampak mencairnya lapisan es. Meskipun Indonesia wilayahnya sangat jauh dari Kutub Utara dan Selatan, ternyata dampak dari mencairnya lapisan es di kutub pun Indonesia tetap terkena dampaknya.

Jakarta, misalnya, berdasarkan perkiraan para ilmuwan, akan terkena dampak peningkatan permukaan laut setinggi 1.713 milimeter.

Selain Jakarta, empat kota dan satu kawasan lain yang masuk dalam peralatan internet yang dikembangkan Laboratorium Propulsi Jet NASA di California, yaitu Banda Aceh peningkatan permukaan air laut 1,713 mm, Jawa Timur 1.766 mm, Makassar 1.764 mm, Manado 1.780 mm, dan Jayapura 1.747 mm

Laporan tentang predikisi peningkatan permukaan laut tersebut sudah diterbitkan di Science Advances.

Menyeramkan bukan? Sebetulnya ada beberapa hal kecil yang dapat kita lakukan untuk ikut mengurangi efek dari pemanasan global. Misalnya dengan menerapkan pola hidup ramah lingkungan. Seperti mengurangi penggunaan plastik, mendaur ulang sampah organik dan non organik, melakukan penghijauan dan hal-hal lainnya. Dengan begitu, kita setidaknya dapat mengurangi efek dari pemanasan global jika pola hidup tersebut dilakukan secara serentak oleh seluruh masyarakat di Indonesia maupun dunia.

(Penulis: Kalika)

Source : kompas.com

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest