Follow Us

Mahasiswa Indonesia Bikin Es Krim Sawi yang Enak dan Tentunya Bergizi!

Alvin Bahar - Kamis, 28 Desember 2017 | 06:45
Produk es krim sawi buatan mahasiswa Politeknik Negeri Jember.
Alvin Bahar

Produk es krim sawi buatan mahasiswa Politeknik Negeri Jember.

HAI-ONLINE.COM - Mencintai dan menyadari besarnya potensi pertanian Indonesia membuat mahasiswa Politeknik Negeri Jember (Polije), Davidy Ali Wafa, kerap menorehkan prestasi di bidang tersebut.

Salah satu proyek temuan mahasiswa semester V jurusan Produksi Pertanian itu, misalnya, es krim sawi rendah lemak kaya nutrisi!

Hah? Sawi? Gimana produk yang unik itu bisa ada? Ide itu bermula dari pengamatan Davidy bahwa anak-anak pada umumnya nggak suka makan sayur sehingga kurang asupan nutrisi dari sayur. Sebaliknya, es krim adalah jenis makanan yang digemari anak-anak.

Davidy pun bersiasat menciptakan es krim dengan bahan dasar sayur sawi yang sehat dan enak untuk dikonsumsi anak-anak. Rasanya menyerupai kelezatan alpukat, nggak kalah dari es krim lain.

Nggak disangka, Es Krim Pakcoy Scremi-brand yang diciptakan Davidy dan kelompoknya-disambut hangat oleh anak-anak dan remaja yang tinggal di sekitar kampusnya di Jember.

Pakcoy Scremi -brand es krim sawi buatan mahasiswa Politeknik Negeri Jember ini memiliki rasa mirip alpukat, tak kalah lezat dari es krim lain.(Dok. Pribadi/Kemenristekdikti)
“Kini kami sudah bermitra dengan salah satu SD di daerah Jember dan para petani sayur sawi lokal untuk memproduksi es krim tersebut. Saat ini es krim tersedia dalam bentuk cup berukuran kecil dan sedang. Ke depannya, kami ingin mengembangkan ke cup yang lebih besar,” ujar Davidy.

Melalui proyek itu, Davidy pun berhasil jadi salah satu penerima hibah Kompetensi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti).

Es krim sawi buatan Davidy dan teman-teman sekelompoknya disambut hangat oleh anak-anak yang tinggal di sekitar Politeknik Negeri Jember.(Dok. Pribadi/Kemenristekdikti)
Selain itu, prestasi lain yang pernah didapat Davidy terkait kecintaannya pada bidang pertanian antara lain jadi juara pertama gagasan tertulis berjudul “Farming Project: Solusi Meningkatkan Produktivitas Mahasiswa Jurusan Produk Pertanian Guna Mencenggak Lulusan Agropreneur”.

Gagasan utama dari tulisannya adalah membentuk struktur organisasi yang menghubungkan mahasiswa, petani, dan komunitas di Jember dalam hubungan kewirausahaan dimulai dari pengembangan budidaya produk pertanian, packaging, hingga pemasaran secara mandiri dan menguntungkan.

Salut!

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Mahasiswa Politeknik Ciptakan Es Krim Sawi Lezat yang Sehat untuk Anak"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest