Follow Us

Ini Dia 7 Cara Simpel untuk Mencegah Dampak Buruk Radiasi Ponsel

Rizki Ramadan - Rabu, 27 Desember 2017 | 04:30
(Ilustrasi) Dampak Buruk Radiasi Ponsel
Rizki Ramadan

(Ilustrasi) Dampak Buruk Radiasi Ponsel

HAI-online.com - Isu tentang dampak buruk penggunaan ponsel dalam waktu yang lama udah bukan hal yang baru lagi. Banyak banget macam potensi gangguan kesehatan yang disebabkan oleh radiasi ponsel yang kita gunakan sehari-hari ini, mulai dari gangguan mental sampai reproduksi.

Penyebabnya nggak lain dan nggak bukan adalah radiasi RF alias Radio Frequency. Radiasi ini keluar dari ponsel kita saat ponsel dalam keadaan aktif mencari sinyal. Efek samping dari radiasi ini pun disinyalir dapat mengganggu sistem kekebalan jaringan otak, bahkan bisa menyebabkan kerusakan yang permanen. Serem banget kan? Sebelum pada akhirnya kita kena berbagai macam gangguan akibat dari radiasi RF, ada baiknya simak nih 7 cara mencegah dampak buruk radiasi ponsel yang HAI rangkum dari The Independent. Cekidot!

(BACA JUGA: Sebandel-bandelnya Remaja, Pasti Nyimpen Foto Bareng Nyokap Di Hapenya. Ini Curhatan Mereka Di Hari Ibu)

Gunakan earphone saat menelepon

Saat lagi nelfon, ada baiknya kalo menggunakan earphone. Alasan utamanya adalah saat melakukan panggilan, ponsel kita akan mengeluarkan radiasi yang cukup besar. Coba bayangin aja, radiasi yang besar langsung keluar ke kepala dan mengarah ke otak kita secara langsung? Jangan mengantongi ponsel Nah, ini dia nih yang sering banget dilakukan kebanyakan orang. Tau nggak sih, pada saat ponsel berada di kantong kita, walaupun dalam keadaan nggak digunakan, ponsel tetap akan terus memproduksi radiasi RF. Jadi, lebih baiknya kalo menyimpan ponsel di tas aja, guys. Hindari penggunaan ponsel saat sinyal lemah

Sesuai dengan yang HAI bilang di atas, radiasi RF keluar dari ponsel kita saat mencari sinyal. Nah, pada saat sinyal melemah, radi RF akan keluar jauh lebih besar dari biasanya. Kalau nggak penting-penting banget, alangkah baiknya jangan digunain dulu deh guys, ketika sinyal ponsel lo lemah. Daripada Streaming, Lebih Baik Download Dulu Film Yang Kamu Mau Tonton Kalau lo pengen mengurangi dampak radiasi ponsel pada saat marathon film di ponsel, ada baiknya di-download guys. Karena pada saat kita nonton film dengan internet yang berjalan, radiasi yang dihasilkan akan sangat besar. Jangan tidur dekat ponsel Lagi nungguin balesan chat dari si doi, terus ketiduran bareng sama ponsel. Duh, kurangin-kurangin deh, bro. Karena pada saat kita tidur dengan ponsel dalam keadaan menyala, radiasi RF akan keluar dan masuk ke tubuh kita sepanjang malam. Duh, bahaya banget kan? Jangan terlalu lama menggunakan headphone Meskipun jumlahnya nggak begitu besar, headphone atau earphone yang tersambung degan ponsel ternyata juga mengeluarkan radiasi, terutama jenis earphone yang tanpa kabel alias menggunakan Bluetooth. Kurangi menggunakan ponsel saat di kendaraan Walaupun untuk sekedar penunjuk arah atau sebagai peta, ada baiknya jangan terlalu sering, bro. menggunakan ponsel dalam kendaraan yang bergerak cepat ternyata merupakan tindakan yang nggak baik. Sebab saat kendaraan kita bergerak, ponsel akan menangkap sinyal dari tower satu ke tower lain yang memicu ponsel mengeluarkan sinyal RF yang jauh lebih banyak.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest