Follow Us

Anak Kos Wajib Baca: 4 Jenis Makanan Ini Nggak Akan Pernah Basi Lho!

Alvin Bahar - Selasa, 26 Desember 2017 | 04:30
Madu
Alvin Bahar

Madu

HAI-ONLINE.COM - Yang kini kita ketahui, setiap makanan suatu saat pasti akan basi (kadaluarsa) serta nggak layak lagi untuk dikonsumsi. Makanan jadi basi biasanya disebabkan adanya bakteri atau mikroorganisme yang berkembang dan tumbuh.
Tetapi ada nggak, ya, makanan yang nggak akan basi meski disimpan dalam waktu yang lama? Ternyata ada, lo, makanan yang nggak memiliki masa kadaluarsa. Apa saja, ya?

Cek deh: 7 Makanan dan Minuman Hits di Tahun 2017, Sudah Nyobain?

1. Madu

Madu
Madu yang asli memiliki derajat keasaman (pH) sekitar 3,2 - 4,5 sehingga sulit ditumbuhi bakteri atau mikroorganisme. Inilah yang membuat madu jadi salah satu makanan yang nggak akan basi. Berbeda dengan madu campuran yang banyak dijual di pasaran, madu yang sudah nggak alami tersebut memiliki masa kadaluarsa.

2. Gula

Gula biasanya digunakan sebagai penambah rasa manis pada minuman dan makanan. Gula memiliki beberapa jenis berdasarkan bahan pembuatnya seperti gula putih, gula merah, gula tepung atau gula aren. Semua jenis gula tersebut nggak akan basi karena sifatnya yang nggak dapat ditumbuhi bakteri.

3. Beras

Beras yang akan jadi nasi.
Beras adalah sumber karbiohidrat yang nggak pernah basi kalo kita menyimpannya di tempat yang kering dan nggak lembab. Namun ini nggak berlaku untuk beras merah, karena memiliki kandungan minyak yang tinggi dan nggak dapat bertahan lama meskipun sudah disimpan di tempat yang kering dan nggak lembab. Oleh sebab itu, beras merah harus segera dikonsumsi, ya, jangan disimpan lama-lama!

4. Garam

Garam
Garam jadi bumbu yang paling sering digunakan dalam setiap masakan. Selain itu, garam juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan. Dengan menambahkan garam, beberapa makanan dapat bertahan lama. Ini karena garam memiliki sifat yang anti bakteri, dia nggak akan membiarkan mikroorganisme hidup dan berkembang. Inilah yang membuat garam jadi salah satu makanan yang nggak akan pernah basi.

Artikel ini pertama kali tayang di Bobo.id dengan judul "Inilah 4 Jenis Makanan yang Tidak Akan Pernah Basi"

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest