Follow Us

Mengenal Loapi, Virus Berkedok Iklan Yang Bisa Bikin Ponsel Android Lumpuh. Hati-hati!

Rizki Ramadan - Jumat, 22 Desember 2017 | 03:30
Malware
Rizki Ramadan

Malware

HAI-online.com - Setelah malware penambang uang digital Bitcoin sudah lama menghantui para pengguna gadget laptop maupun ponsel. Sekarang, tiba lagi sebuah malware bernama Loapi yang mengincar perankat Android. Bedasarkan informasi yang beredar di internet, virus ini berpotensi bisa merusak Android yang terinfeksi.

Loapi pertama kali ditemukan oleh perusahaan keamanan internet Kaspersky. Menurut Kaspersky, Loapi menyusup ke perangkat Android melalui iklan dengan kedok aplikasi antivirus, SMS Spam dan konten dewasa.

(BACA: Nggak Nyangka, 4 Kebiasaan Penggunaan Smartphone Ini Ternyata Membahayakan)

Dilansir dari Trustedreview, perangkat yag sudah terinfeksi oleh Loapi akan terus dipaksa untuk bekerja. Pada akhirnya, baterai akan panas dan merusak kinerja smartphone.

Dalam uji coba yang dilakukan oleh para peneliti dari Kaspersky Lab, baterai smartphone yang terinfeksi Loapi umurnya nggak akan sampai dua hari. Karena, baterai akan membengkak sampai membuat casing ponsel terbuka. Yang artinya ponsel sudah nggak bisa digunakan lagi karena baterainya rusak.

Yang lebih seremnya lagi nih, guys. Loapi memiliki pertahanan yang nggak sembarangan. Jadi, saat pengguna berusaha untuk menghapus izin dari aplikasi yang terinfeksi, tiba-tiba akan muncul pop-up yang menghalangi layar.

Meskipun malware yang satu ini nggak mencuri data ataupun identitas. Namun, tetap saja perlu diwasapadai karena bisa merusak ponsel segitu parahnya. Jadi initnya, saat browsing harus lebih hati-hati lagi ya, guys

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest