Follow Us

Apa Yang Terjadi Saat Perut Bergemuruh Dan Cara Mengatasinya

Rizki Ramadan - Kamis, 07 Desember 2017 | 03:15
4 Penyakit Terkait Perut Kembung
Rizki Ramadan

4 Penyakit Terkait Perut Kembung

HAI-online.com - Pernah nggak sih kamu mendengar suara gemuruh dari perut padahal kamu lagi enggak lapar? Biasanya sih suara gemuruh perut ini mengganggu ketika lagi suasana hening. Misalnya lagi kencan bersama gebetan atau bahkan saat wawancara pekerjaan. Pasti rasanya sebel banget deh, bener nggak?

Ternyata, suara gemuruh perut memiliki nama yang cukup lucu lho, guys. Biasanya dikenal sebagai borborygmi. Menurut Anish Sheth, M.D., kepala gastroenterologi University Medical Center of Princeton, gemuruh perut itu merupakan proses fisiologis normal.

Nah, ketika kamu belum makan maka usus pun mengaktifkan fungsi “housekeeper” yang menyapu sisa-sisa makanan. Gerakan cepat dari usus ini dikenal sebagai migrating motor complex (MMC) dan ini merupakan cara tubuh mempersiapkan usus untuk makanan selanjutnya.

(BACA: Kalau Mau Mandi Di Jam-jam Ini Lebih Baik Jangan Deh. Malah Bahaya Untuk Kesehatan, bro)

Oiya, sebenarnya proses tubuh ini tuh seperti membilas toilet. Artinya, sebuah mekanisme pembersihan tubuh yang praktis namun nggak akan bisa senyap sehingga suara gemuruh dari perut pun terdengar.

Seringkali kan kalau suara gemuruh itu muncul pasti selalu dikaitkan dengan rasa lapar. Padahal, nggak selamanya selalu seperti itu. Sebaliknya, kita mungkin menemukan hal itu sering terjadi saat momen canggung, rapat padat hingga sore hari, sesaat setelah makan, tapi nggak lama mulai muncul rasa lapar lagi.

Untungnya, ada cara mudah untuk mengatasinya nih. Seth menyarankan untuk mengasup camilan sehat. Dengan memakan beberapa gigitan, maka akan segera menghentikan suara gemuruh di perut. Minum air atau cairan lain juga bisa meredakan, namun tak secepat makanan.

Tapi ternyata banyak cara yang keliru nih untuk menghentikan suara gemuruh itu. Salah satunya dengan menahan napas. Sayangnya cara itu dapat memperburuk keadaan, sebab memaksa udara lebih banyak mengalir ke bawah.

Ada solusi yang lebih baik dari itu guys, yaitu kalau kamu memiliki riwayat perut bergemuruh, pastikan menyimpan makanan ringan di tas ya, khususnya beberapa jam sebelum jadwal makan selanjutnya.

Meskipun borborygmi tidak berbahaya, namun perlu diperiksakan ke dokter apabila suara gemuruh itu muncul berbarengan dengan mulas, mual, gas berlebih, konstipasi atau diare terjadi selama beberapa pekan.

Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatanmu ya!

​(Penulis : Kalika Diah P.M)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular