Follow Us

Sering Gosok Gigi Tapi Gigi Masih Kuning? Ini Penyebabnya

- Kamis, 23 November 2017 | 08:15
mandi dan sikat gigi.
Hai Online

mandi dan sikat gigi.

HAI-ONLINE.COM – Gigi masih aja kuning walaupun udah menggosok gigi dua kali sehari sesuai anjuran dokter. Kok bisa gitu, ya?

Tunggu dulu, Bro. Mungkin masalahnya bukan Cuma terletak pada soal jadwal sikat gigi. Tapi bisa jadi karena kandungan makanan yang kita makan yang menyebabkan gigi jadi kuning. Atau bisa jadi setelah sikat gigi kita malah makan lagi. Ya, sama aja bohong. Penting, nih, buat mengetahui pengaruh luar apa aja yang bikin gigi jadi kuning.

Sering Minum Kopi dan Teh

Jenis minuman yang bisa menimbulkan noda pada pakaian, ternyata bisa juga menodai gigi. Misalnya kopi dan teh. Kandungan tannin dalam kedua minuman ini bisa mengubah warna lapisan terluar gigi atau enamel. Tapi bukan berarti kita nggak boleh mengonsumsi minuman ini. Hanya aja yang perlu diperhatikan adalah pada saat meminum minuman itu. Jangan sampai terjadi kontak antara gigi dan minuman. Maka akan lebih baik kalau kita meminumnya dengan sedotan.

Merokok

Memang banyak yang bilang kalau rokok itu membuat gigi menjadi kuning. Ini disebabkan adanya kandungan nikotin di dalam rokok yang menjadikan ruang mulut menjadi asam. Kandungan nikotin – nikotin ini akan terikat pada elemen gigi dan tinggal pada dinding-dinding gigi. Jadi nggak heran kalau bagi mereka yang merokok memiliki gigi kuning dan hampir sulit untuk punya gigi putih bersih.

Ngemil Sebelum Tidur

Malem-malem di kamar sambil ngemil emang surge banget sih. Tapi kalau kemudian kita ngantuk dan langsung ketiduran sampai pagi, ternyata jadi bahaya. Soalnya ngemil sebelum tidur bakal menyebabkan warna gigi menjadi gelap. Ini disebabkan produksi air liru melambat ketika tidur, sehingga makanan yang dikonsumsi nggak dibersihkan secara alami. Hasilnya, akan memunculkan noda pada gigi dan meningkatnya risiko gigi berlubang.

Minuman Kesehatan dan Berenergi

Sebuah studi mengatakan bahwa ternyata minuman olahraga, minuman kesehatan, atau minuman berenergi juga bisa menyebabkan kerusakan enamel gigi. Hal ini disebabkan karena minuman-minuman ini mengandung asam. Akibatnya noda dari minuman ini akan tertinggal di gigi. Jadi lebih baik perbanyak minum air putih sebagai pengganti minuman berenergi atau minuman kesehatan.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest