Follow Us

Bukan Cuma IQ Tinggi, 5 Hal Ini Juga Menandakan Kecerdasan Seseorang

Rizki Ramadan - Minggu, 19 November 2017 | 04:00
8 Jenis Kecerdasan yang Bisa Dimiliki Manusia
Rizki Ramadan

8 Jenis Kecerdasan yang Bisa Dimiliki Manusia

HAI-online.com - Selama ini orang cerdas selalu identik dengan IQ yang tinggi. Tapi udah tau belom sih apa yang dimaksud dengan IQ? IQ adalah singkatan dari Intelligence Quotient atau nilai kecerdasan seseorang. Konsep ini udah ada sejak akhir abad ke-19. Adalah Francis Galton orang yang pertama kali mencetuskan istilah ini di tahun 1980-an.

Francis Galton sendiri adalah sepupu dari ilmuwan yang sering disebut Bapak Evolusi, Charles Darwin. Berlandaskan dari teori sepupunya tersebut mengenai konsep survival dari individu dalam suatu spesies, yang disebabkan oleh “keunggulan’ sifat-sifat tertentu dari individu yang diturunkan dari orangtua masing-masing. Francis lalu menyusun sebuah tes yang akan mengukur intelegensi dari aspek kegesitan dan refleks otot-otot dar manusia yang sekarang dikenal dengan tes IQ.

(BACA: 5 Ilustrasi Paling Kreatif dan Bermakna Tentang Penangkapan Setya Novanto)

Ternyata, tingkat IQ bukanlah satu-satunya parameter buat mengukur kecerdasan seseorang. Melalui situs platform tanya jawab Quora, lebih dari 100 orang menjawab pertanyaan, “Apakah ciri-ciri umum orang yang cerdas?” Berbagai jawaban pun akhirnya muncul. Dari semua jawaban tersebut, terkumpul lah 10 jawaban yang rupanya juga disepakati oleh para ahli. Nggak sekedar IQ tinggi, seperti dikutip dari Intisari-online, ini dia 10 ciri-ciri orang cerdas!

Mampu Beradaptasi

Orang yang memiliki tingkat intelegensi tinggi adalah orang yang fleksibel dan mampu menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan. Orang yang cerdas biasanya nggak membatasi diri dalam pergaulan. Hal ini juga dibenarkan oleh para ahli psikologi yang mengatakan bahwa orangcerdas biasanya bisa mengubah perilakunya demi beradaptasi dengan lingkungan atau sebaliknya. Yakni mengubah lingkungan agar cocok dengan dirinya.

Berani Bilang “Saya Tidak Tahu”

Orang yang cerdas biasanya mengenali kelemahan dan ketidaktahuannya. Karena itu lah dia nggak malu buat mengakui hal ini. Orang cerdas juga sadar kalo dia bisa mengubah ketidaktahuannya dengan belajar.

Selalu Ingin Tau

Salah satu kebiasaan orang cerdas adalah rasa inign tau yang tinggi. Albert Einstein bahkan pernah mengatakan, “Saya tidak punya bakat spesial, hanya saja saya penuh rasa ingin tahu.” Dan hasilnya, Einstein adalah salah satu jajaran orang paling cerdas di dunia.

Open Minded

Orang cerdas nggak menutup dirinya dari ide-ide dan kesempatan yang baru. Ia mau terbuka, menerima, dan mempertimbangkan pandangan orang lain dengan pikiran yang terbuka. Para psikolog juga berkata bahwa orang yang berpikiran terbuka bisa menemukan solusi dari berbagai cara pandang yang diterima dari orang lain. Namun, tetap berhati-hati dengan ide yang dimiliki orang lain.

Memiliki Selera Humor Yang Baik

Orang cerdas biasanya memiliki selera humor yang baik dan bisa membawa keceriaan bagi orang di sekitarnya. Salah satu buktinya adalah para komedian professional biasanya memiliki tingkat intelegensia yang tinggi, khususnya dalam kemampuan berbahasa.

(Penulis: Dimas Yulian)

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular