Follow Us

Bener Nggak Sih, Makan Toge Bikin Sperma Sehat? Ini Kata Dokter

Alvin Bahar - Selasa, 07 November 2017 | 06:45
kualitas sperma
Alvin Bahar

kualitas sperma

HAI-ONLINE.COM - Pola makan yang sehat merupakan salah satu syarat untuk memperbaiki kesuburan. Kita para cowok pasti pernah denger, toge dipercaya sebagai sayuran yang dapat menyehatkan sperma.

Tapi, bener nggak tuh?

Yang jelas, toge merupakan salah satu sumber vitamin E, antioksidan yang penting untuk reproduksi. Vitamin tersebut memang diperlukan untuk pembentukan sperma yang sehat. Vitamin E juga antioksidan yang melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas.

"Radikal bebas ini bersifat meracuni sehingga mengganggu proses pembentukan sperma atau spermatogenesis," kata dr.Sigit Solichin, spesialis urologi dari RS Bunda Jakarta.

Cek ya: Kak Seto Cuma Ketawa Lihat Meme Sleding dan Kids Zaman Now, "Yang penting bagaimana sikap nyata kita di masyakarat"

Kekurangan vitamin E nggak hanya mengganggu produksi sperma, tapi juga menyebabkan menurunnya produksi hormon-hormon dan enzim yang bertanggung jawab atas produksi sperma. Meski demikian, menurut dr.Sigit, konsumsi makanan atau suplemen vitamin E nggak akan berpengaruh banyak kalo ternyata diketahui ada gangguan pada "pabrik sperma", yaitu testis.

"Yang sering terjadi adanya kondisi varikokel atau pelebaran pembuluh darah vena di testis. Ini merupakan penyebab kenggaksuburan pada cowok," ujarnya.

Untuk itu, gangguan pada orgran reproduksi cowok tersebut harus diatasi terlebih dahulu. Di lain pihak, konsumsi makanan bergizi tetap harus dilakukan. Selain vitamin E, vitamin C dan juga beta karoten juga penting untuk menghindari radikal bebas.

Artikel ini pertama kali tayang di Kompas.com dengan judul "Benarkah Konsumsi Toge Menyehatkan Sperma?"

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular