Follow Us

Buat yang Penasaran, Ini 4 Syarat Buat Jadi Flight Operations Officer

- Selasa, 24 Oktober 2017 | 04:45
Flight Operations Officer
Hai Online

Flight Operations Officer

HAI-ONLINE.COM – Sebelum memutuskan untuk menjadi seorang Flight Operations Officer (FOO), modal dasar yang harus lo punya adalah ketertarikan dengan matematika. So, kalau lo udah alergi atau bahkan anti matematika, kayaknya bakal lebih sulit untuk kerja di sini. Soalnya, dalam pekerjaannya, FOO akan sangat berkaitan erat dengan yang namanya matematika.

Jadi gini, secara garis besar, FOO bertujuan untuk menghitung performance pesawat untuk menentukan batasan berat saat pesawat lepas landas dan mendarat, menghitung pembakaran bahan bakar, sampai merencanakan rute penerbangan.

Yang bikin tambah rumit adalah lo harus menghitung berat pesawat, kapasitas bahan bakar, sampai menentukan ketinggian dan kecepatan pesawat dalam waktu kurang dari 30 menit!

“Sebelum terbang, FOO akan melakukan briefing dengan si Pilot. Nah, karena adanya jadwal penerbangan yang ketat, perhitungan paling lama hanya 20 menit. Meskipun ada software untuk membantu pekerjaan, kita juga dituntut untuk bisa berhitung manual. Nah, setelah dapat semua data yang dibutuhkan, baru kita bisa ketemu Pilot untuk memberikan semacam izin terbang,” ujar Fredy, cowok yang lagi berjuang untuk dapat lisensi FOO untuk pesawat Airbus.

Lebih lanjut, yang dibutuhkan untuk menjadi FOO nggak cuma itu. Masih ada beberapa syarat yang harus lo ikuti. Apa aja? Ini 4 syarat buat jadi FOO.

  • Untuk mendapatkan license, seorang FOO minimal harus berusia 21 tahun.
  • Harus lulus tes pengetahuan yang banyak banget, beberapa di antaranya ada Air Law dan Rule & Regulation, Air Traffic Services, Aerodynamics, Weight and balance, dan yang banyak yang lainnya.
  • Wajib menguasai Bahasa Inggris
  • Nggak boleh buta warna

Editor : Hai Online

Latest