Follow Us

Yang Perlu Dilakukan Jika Di Sekolah Ada Guru Yang Kamu Benci

Dok Grid - Jumat, 05 April 2024 | 11:20
Ilustrasi dihukum guru
Rizki Ramadan

Ilustrasi dihukum guru

HAI-online.com - Setiap guru pasti mencoba menjadi pengajar yang terbaik. Namun, ada kalanya kita bertemu dengan guru yang memiliki sikap atau cara mengajar yang nggak cocok.

Kalau kamu merasakannya, jangan khawatir. Kamu bukan satu-satunya, kok. Tapi, bukan berarti kamu harus memelihara kebencian itu.

"Kan kamu enggak bisa milih gurunya siapa, maunya ketemu sama siapa, karena pada akhirnya hidup akan seperti itu," kata Psikolog Ajeng Raviando kepada Kompas.com

Yap, kamu mesti belajar beradaptasi dengan lingkungan sekolahmu, termasuk dengan macam-macam jenis guru yang mengajar.

Jadi, menurut psikolog Ajeng, kita nggak boleh membiasakan diri untuk langsung menghindari guru tersebut bahkan sampai minta pindah sekolah.

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan membicarakan masalah ini ke wali kelasmu atau guru konseling di sekolah.

Guru konseling yang baik pasti akan menampun unek-unekmu tersebut dan nggak membeberkannya ke guru lain. Ia juga akan memberikan solusi bagaimana menghadapi guru yang kurang kamu suka tersebut.

Baca Juga: 5 Jenis Guru Yang Pasti Ada Di Setiap Sekolah

Kamu juga bisa langsung membicarakan ini ke guru yang bersangkutan. Namun, tetap perhatikan cara bicaranya. Cari waktu yang tepat dan rencanakan dulu apa yang akan kamu bicarakan.

Misalnya, kamu bisa bilang, "Pak, kenapa sih bapak kalau ngajar ngasih tugasnya banget. Kami kan, masih mesti bimbel sepulang sekolah. Hehe."

Siapa tahu, guru tersebut ngasih tugas banyak karena menurutnya tugas tersebut masih terlalu gampang.

Jadi dua kunci utamanya adalah adaptasi dan komunikasi, bro!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest