Follow Us

Mengemudi Saat Macet Bisa Bikin IQ Menurun!

- Senin, 31 Juli 2017 | 10:08
Macet
Hai Online

Macet

Buat teman-teman yang tinggal di kota-kota besar kayak Jakarta, pasti udah nggak asing lagi sama yang namanya macet. Nggak peduli waktu, siang atau malam, kita bisa terjebak macet di mana-mana.

Nyebelin, sih. Tapi ternyata, efek dari macet itu nggak cuma bikin kita jadi sebel, tapi juga bisa bikin IQ turun!

Jadi gini, baru-baru ini diadakan penelitian terkait hal tersebut. Dalam penelitian tersebut, ditemukan bahwa orang-orang yang mengemudi lebih dari dua jam sehari punya kemampuan otak yang lebih buruk.

“Penelitian ini menunjukkan hal itu buruk bagi otak, mungkin karena pikiran kita yang kurang aktif pada jam-jam itu,” ujar Kishan Bakrania, Peneliti Universitas Leicester, seperti yang dikutip dari Daily Star Online.

Dia mengatakan bahwa orang-orang paruh baya adalah yang paling parah terkena dampaknya.

Penelitian ini sendiri dilakukan selama lima tahun dengan melibatkan 500.000 pengemudi berusia 37-53 tahun yang menjalani proses tes IQ. Hasilnya, mereka jadi makin bodoh gara-gara kelamaan nyupir!

Rupanya, apa yang terjadi dengan kita saat nyupir lama juga terjadi pada orang-orang yang nonton TV berlama-lama. Menurut Bakrania, orang yang nonton TV lebih dari 3 jam bakal jadi lebih bodoh.

Terus, gimana kalau yang main game?

Main Game
Tenang. Menurut Bakrania, main game atau pakai komputer untuk kerja justru bisa mempercepat kecerdasan. Katanya, keterampilan kognitif kita meningkat.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest