Follow Us

Ini Trik Jitu Biar Motor Kita Jadi Irit Bensin

- Rabu, 26 Juli 2017 | 03:43
Perhatikan ini biar motor irit bensin
Hai Online

Perhatikan ini biar motor irit bensin

Sebagian besar masalah dari kita para pelajar adalah kenaikan BBM sampai bahan pokok, tapi nggak sebanding dengan jumlah pendapatan (baca: uang jajan). Efeknya, kalau mau jajan, kita jadi harus berhemat biar uang jajan yang dikasih bisa pas sampai akhir minggu.

Belum lagi ditambah kalau lo punya kendaraan yang hobi jajan, alias boros bensin. Nambah lagi, deh, tuh, masalahnya!

Terus, bagaimana caranya biar kendaraan kita nggak boros? Cara yang paling aman adalah dengan memperbaiki cara kita berkendara. Maksudnya?

Jari Hermanyanto, Mechanic in Chief DMS Motor mengatakan bahwa kita harus berkendara dengan menggunakan teknik eco-riding. Ada empat tahap yang dirangkum oleh Jari.

Pertama, kita harus selalu berakselerasi dengan lembut, nggak perlu terburu-buru ngegas. Gampangnya kita jangan ngebuka gas secara mendadak buat menambah kecepatan.

Kedua, gunakanlah putaran mesin serendah mungkin untuk transmisi manual, atau segera memindahkan gigi lebih tinggi, jika putaran mesin sudah tinggi.

Ketiga, kita harus bisa menjaga kecepatan konstan selama mungkin. Hal ini dilakukan agar nggak banyak energi yang terbuang.

Dan yang terakhir, kita harus jarang-jarang menggunakan rem, yang akan berimbas juga pada konsumsi bahan bakar yang semakin irit. Well, ini bukan berarti lo nggak ngerem sama sekali. Nah, dengan nggak kebut-kebutan di jalan, otomatis lo bakal jarang menggunakan rem. Lagi pula, kebut-kebutan di jalan raya emang sangat nggak dianjurkan. Selain bikin boros kendaraan, itu juga bahaya, bro!

So, silahkan dicoba, ya!

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

Latest