Follow Us

5 Pesepakbola yang Punya Gelar Sarjana

Alvin Bahar - Senin, 24 Juli 2017 | 08:49
Tips Jadi Pesepakbola Hebat dari Juan Mata
Alvin Bahar

Tips Jadi Pesepakbola Hebat dari Juan Mata

Nggak jarang pesepakbola yang sampai rela mengorbankan sektor pendidikan, hanya demi meraih kesuksesan di arena lapangan hijau.

Pesepakbola memang butuh fokus tingkat tinggi tiap kali menjalani latihan dan pertandingan. Maka dari itu, agar fokus sang pemain nggak terpecah belah, aktivitas pendidikan seperti sekolah atau kuliah pun akhirnya kerap ditinggalkan.

Namun, segala anggapan tersebut nyatanya nggak berlaku nih buat beberapa pesepakbola berikut ini. Selain tenar sebagai pemain kelas dunia, mereka juga terlihat berhasil di bidang pendidikan, hingga meraih gelar sarjana.

Nah, bila penasaran, siapa saja sih pesepakbola yang dimaksudkan tadi? Yuk, simak bareng-bareng ulasannya.

1. Glen Johnson

Kariernya di sepak bola cukup cemerlang. Ia pernah membela sejumlah klub besar Liga Inggris, seperti Chelsea, Portsmouth, Liverpool, dan kini Stoke City. Bahkan, ia juga sempat jadi langganan timnas Inggris di posisi bek kanan selama beberapa tahun.

Meski begitu, karier sepak bola ternyata nggak sama sekali menghalanginya untuk melaju jauh di jalur pendidikan. Ya, Johnson menjalani perkuliahan di universitas terbuka, dan berhasil meraih gelar sarjana jurusan matematika, bidang studi yang kerap ditakuti para pelajar.

2. Juan Mata

Kapasitas Juan Mata sebagai playmaker andal memang nggak perlu diragukan lagi. Ia pernah membela sejumlah klub besar Eropa, seperti Valencia, Chelsea, dan kini Manchester United. Mata juga jadi bagian penting dalam keberhasilan timnas Spanyol merengkuh trofi Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Kecemerlangan karier sepak bola Mata tersebut, ternyata turut dibarengi dengan kesuksesannya di jalur pendidikan. Bahkan, Mata sampai bisa meraih gelar S2, pertama pada bidang jurnalisme di Universitas Madrid, lalu Marketing and Sports Science di Universitas Manchester.

3. Vincent Kompany

Dialah bek sekaligus kapten tim dari Manchester City. Kehadiran Vincent Kompany berperan besar dalam keberhasilan The Citizens meraih dua titel Premier League, Piala FA, dua Piala Liga, dan Community Shield. Maka nggak heran, bila kini sosoknya dianggap sebagai salah satu bek terbaik dunia.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest