Follow Us

Telah Ditemukan Hewan Langka Bercorak Hitam Kuning di Bangka Belitung!

Fadli Adzani - Kamis, 08 Juni 2017 | 03:29
Hewan langka dengan nama latin Prionodon Lingsang yang ditemukan di Kepulauan Bangka Belitung.(heru dahnur/kompas.com)
Fadli Adzani

Hewan langka dengan nama latin Prionodon Lingsang yang ditemukan di Kepulauan Bangka Belitung.(heru dahnur/kompas.com)

Seekor hewan langka yang memiliki bulu berwarna hitam dan kuning telah ditemukan di Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung. Hewan pemakan daging ini berkelamin benita dan kini diamankan di penangkaran setelah hampir terjual di media sosial.

“Termasuk dilindungi sesuai PP Nomor 7 Tahun 1999. Kami awalnya tahu dari media sosial, hendak dijual,” kata Ketua Animals Lovers Bangka Island (Alobi), Langkasani, Rabu (7/6), dikutip Kompas.com.

Di dalam bahasa latin, hewan ini disebut sebagai Prionodon lingsang. Karakteristik hewan ini adalah bertubuh ramping dan berekor panjang.

Namun, masyarakat setempat menamakan hewan langka ini dengan sebutan keraras atau bukati. Hewan ini bertaring tajam dan sangat cepat pergerakannya di atas pohon.

Menurut pengakuan warga setempat, hewan ini sering memangsa ayam dan hanya memakan bagian organ seperti jantung dan hatinya saja!

Dalam waktu dekat, Alobi berencana melepasliarkan hewan dilindungi ini di kawasan perbukitan Menumbing Bangka Barat.

Dengan panjang 45 sampai 50 sentimeter, prionodon lingsang merupakan hewan dataran tinggi yang selain di Indonesia, diperkirakan tersisa di Nepal, India, Pakistan dan Thailand.

Artikel ini pertama kali muncul di Kompas.com dengan judul "Hewan Langka Bercorak Hitam dan Kuning Ditemukan di Bangka Belitung".

Editor : Fadli Adzani

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest