Follow Us

Andhi Kata "Dagelan" di BritAmaXHaiDay 2017: "Hati-hati Sama Link di Email Verifikasi!"

Alvin Bahar - Minggu, 30 April 2017 | 10:57
Andhi Kata

Andhi Kata

Apa yang terlintas di pikiran lo setelah baca judul artikel ini?

Pada penasaran, nggak, kenapa kita harus hati-hati banget sama link di email verifikasi?

Well, di era digital kayak gini, urusan register alias sign up tentunya udah jadi hal yang biasa untuk dilakukan di banyak platform digital. Dan biasanya, kalo abis register atau sign up, kita bakalan dikirimin email verifikasi yang berisi link buat kita klik. Bener, nggak?

Nah ternyata, biar akun-akun digital kita nggak kena hack, kita juga kudu waspada sama link di email verifikasi ini. Emang ada email yang asli, tapi ada juga email yang adalah bikinan hackers. Selama ini, udah banyak korbannya. Ada banyak banget email verifikasi yang sebenernya bukan email resmi dari platform tempat akun kita bernaung, tapi seolah-olah mirip banget sama yang asli.

Ambil contoh, Instagram. Seringkali, banyak banget orang yang cerita kalo akun Instagramnya kena hack. Padahal, mereka ngerasa password-nya udah susah, atau pun mereka udah hati-hati banget ngejagain akunnya. Tapi kok, akun IG-nya masih bisa jebol?

Nah, ini yang dinamain permainan hacker dengan mengirim link palsu dalam email verifikasi yang juga palsu tadi.

Makanya menurut Andhi Kata, webmaster dari Infia Dagelan, kita itu harus pinter-pinter banget ngebedain email verifikasi asli dan palsu. Tujuannya, biar akun kita nggak gampang dibobol, bro!

"Biasanya yang kena hack itu, gampang banget kebobolnya itu, karena biasanya gini, ada email yang masuk, bilang kalo ada seseorang yang mencoba masuk akun kita dan kita disuruh ngeklik sebuah link. Padahal mereka nggak tau, link itu adalah bikinan hacker yang bikin mereka tau password kita dan akun kita teretas," beber Andhi Kata di area Taman Diskusi #BritAmaXHaiDay 2017, di Parkir Timur Senayan, Jakarta, Minggu (30/4).

Di kesempatan yang sama, Andhi pun nyoba buat unjuk aksi nge-hack salah satu akun Instagram pengunjung. Caranya sama, kayak yang tadi dia ceritain. Dia bakal ngirim sebuah email berisi link tertentu.

Setelah pengunjung Hai Day bernama Ilham itu ngeklik link yang dikirimkan Andhi, sekejap pun akun Instagram-nya nggak bisa kebuka lagi dengan password lama. Yap, akunnya berhasil di-hack!

Di akhir unjuk aksi ini, Andhi pun berpesan sekali lagi, supaya kita jangan gampang terkecoh sama email verifikasi yang nyuruh kita klik link ini-itu. Bisa-bisa akun Instagram lo yang ber-followers ribuan itu langsung hilang dalam sekejap, lho.

Editor : Alvin Bahar

Latest