Follow Us

Duh, Kasian Banget! Para Buruh Pabrik Pembuat Yeezy Dibayar Nggak Sepadan dengan Kerjanya!

Alvin Bahar - Jumat, 14 April 2017 | 05:30
Adidas Yeezy
Alvin Bahar

Adidas Yeezy

Yeezy, sepatu yang diciptakan oleh rapper Amerika Serikat Kanye West yang berkerjasama dengan Adidas, memang menjadi sneaker pilihan anak-anak muda dan kolektor sepatu saat ini. Nggak main-main, harganya bisa mencapai puluhan juta rupiah!

Namun, di balik semua kemewahan dan harganya yang tingginya selangit itu, ternyata ada kesedihan yang menimpa para buruh pabrik yang mengerjakan proses produksinya.

Ya, sebagaimana diberitakan oleh Mirror, pabrik Yeezy di Guangdong, China, bernama Apache Footwear, yang memproduksi tipe Yeezy Boost 350 V2, membayar rendah para buruh pabriknya, yakni sekitar 150 poundsterling, atau setara dengan Rp 2,5 juta per bulan.

Buat orang Indonesia, mungkin itu sudah lumayan, tapi bagi para buruh pabrik yang berkerja selama 10 jam per hari, itu sangat rendah, dan mereka harus berkerja selama enam hari dalam seminggu, menyisakan satu hari libur saja.

Para buruh pabrik yang berasal dari China ini harus datang setidaknya 15 menit lebih awal setiap harinya untuk menyanyikan lagu perusahaan dan melakukan pertemuan kerja. Kesian ya...

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest