Follow Us

Infografis Perubahan Ujian Nasional Dari Masa ke Masa

Rizki Ramadan - Senin, 09 April 2018 | 04:45
infografis ujian nasional dari tahun ke tahun.
Rizki Ramadan

infografis ujian nasional dari tahun ke tahun.

Dari tahun ke tahun, penyelenggaraan UN nggak pernah lepas dari kontroversi. Dari nama sampai sistem, ujian nasional selalu berubah. Tiap siswa selalu mengharap ada kebaikan yang dibawa, tapi nyatanya ya gitu deh.Seringnya perubahan sistem UN ini bikin bingung melulu. Apalagi UN tahun ini baru diumumkan perubahan sistemnya pada akhir tahun 2016 lalu. Katanya, sih, mau dihapus, eh taunya lagi-lagi ganti nama. Ada ujian sekolah berstandar nasional (USBN) di tahun ini. Dan ujian nasional pun jadi punya nama baru gegara sistem pengerjaannya yang diubah. Sejak 2014 sebagian dari kita ujian pake komputer. Selain ada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ada juga sistem ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP).

Jadi penasaran nggak sih sama sejarah perubahan UN dari masa ke masa? Di waktu awal diselenggaraan, nama ujian ini adalah Ujian Penghabisan, lho. Namanya jadul banget. Udah gitu di saat itu ujian nasionalnya esai semua soalnya. Waduh.

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest