Follow Us

Hai

/

Art

Gimana Caranya Ardian Syaf Bisa Jadi Komikus Marvel? Ini Kisahnya

Alvin Bahar - Senin, 10 April 2017 | 05:00
Cuplikan komik X-Men Gold karya Ardian Syaf
Alvin Bahar

Cuplikan komik X-Men Gold karya Ardian Syaf

Sekilas Ardian Syaf hanyalah pemuda biasa, yang hidup di sebuah kampung yang sepi. Namun pemuda kampung ini mengukir prestasi luar bisa. Sebelum ia jadi freelance artist Marvel Comics, ia adalah sebagai komikus pertama dari Indonesia yang dikontrak eksklusif oleh DC Comics yang berkedudukan di Amerika Serikat. Komiknya tentang Batman dan Robin serta Superman beredar luas hingga ke seluruh dunia.

Sebuah rumah di RT1/RW1 Dusun Ngipik, Desa Tenggur, Kecamatan Rejotangan nampak penuh dengan anak-anak kecil yang bermain di halamannya yang luas. Kondisi tersebut yang sedikit membedakan dengan ruman sekitarnya, yang nampak sepi. Mereka bermain petak umbet, ada pula yang berlarian ke sana ke mari.

Menjelang sore, seorang pemuda keluar dari dalam rumah sambil membawa segepok buku di tangannya. Dialah Ardian Syaf, si pemilik rumah. Anak-anak tersebut sejurus kemudian berlarian ke arah Ardian dan berebut buku dari tangannya, lalu duduk di lantai serambi rumah.

Buku-buku tersebut ternyata komik yang berisi kisah Batman and Robin, dan Superman karyanya sendiri yang dikirim langsung oleh DC Comics Amerika.

“Satu-satu, nggak usah berebut ya. Yang nggak kebagian gabung dengan yang lainnya,” katanya dengan sabar.

Dengan setia Ardian menunggui anak-anak tersebut, baik yang membaca maupun sekedar melihat-lihat gambarnya yang indah. Sementara di ruang tengah, nampak sebuah meja gambar dengan sebuah kertas yang memperlihatkan karakter Batman. Sementara di sampingnya nampak beberapa kertas ukuran A3 yang sudah selesai digambar.

Sebuah naskah yang dikirim DC Comics nampak di sisi kertas gambar, menjadi patokan ayah dari Fahrial Lutfi Rahardian (5) dalam melukis.

“Setiap hari ya seperti ini kegiatan saya. Melukis, menuntaskan pesanan komik dari DC (Comics),” ujarnya.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest