Follow Us

Nggak Usah Malu, Ini Alasan Cowok Juga Harus Curhat!

- Senin, 27 Maret 2017 | 12:30
7 Arti Dari Kalimat Yang Sering Diucapkan Para Cewek ke Cowok
Hai Online

7 Arti Dari Kalimat Yang Sering Diucapkan Para Cewek ke Cowok

Secara gender, ternyata angka kematian bunuh diri yang dilakukan cowok juga cukup banyak. Penyebab utamanya tentu aja stres yang berujung pada depresi. Stres ini bisa aja karena pelajaran, persaingan dakademis ataupun non akademis di sekolah, atau bahkan karena cewek.

Saat mengalami depresi, kita cowok kadang bingung harus ke siapa atau kemana akan bercerita tentang masalah yang sedang dihadapinya.

Data dari WHO menyebutkan bahwa terjadi 804 ribu kasus bunuh diri yang terjadi di dunia. Sebanyak 11,4 per seratus ribu populasi menjelaskan tingkat kematian cowok mencapai 15,0 dibandingkan dengan cewek yang berkisar 8,0.

Usaha untuk melakukan bunuh diri mungkin banyak dipikirkan oleh cewek, tapi usaha tersebut seringkali gagal karena cewek punya rasa takut yang lebih tinggi. Tapi pada cowok in jsutru sebaliknya, “Pria lebih memberanikan diri untuk melakukan tindakan tersebut (bunuh diri),” tutur pengamat Sosial, Dr. Endang Mariani Rahayu, M.Si.

Jadi gimana cara mencegahnya?

“Saat ini WHO tengah menggiatkan interkoneksi atau mengobrol,” ujarnya.

Kalau kita punya masalah, merasa stress, putus asa, coba deh usahakan ngobrol atau curhat dengan orang-orang terdekat ataupun teman-teman yang bisa dipercaya yang bisa memberikan solusi atau sekedar mendengarkan. “Jadi, lebih pada ke komunikasi sebenarnya,” jelas Dr. Endang.

Walaupun cowok bisa dibilang lebih tertutup soal masalah pribadi (atau bahkan gengsi), tapi nggak bisa dipungkiri bahwa komunikasi satu-satunya jalan keluar untuk menahan keinginan seseorang untuk bunuh diri.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest