Follow Us

Jorge Lorenzo Terlempar Dari 10 Besar! Ini Dia 5 Fakta Menarik MotoGP Qatar

Dimas Yulian - Senin, 27 Maret 2017 | 09:00
Jorge Lorenzo beraksi di Sirkuit Internasional Losail, Qatar
Dimas Yulian

Jorge Lorenzo beraksi di Sirkuit Internasional Losail, Qatar

Pebalap baru Movistar Yamaha, Maverick Vinales, unjuk gigi di seri pertama MotoGP musim ini yang digelar di Qatar, Minggu (26/03) lalu. Pebalap yang musim lalu jadi andalan di Suzuki ini nunjukin kapasitasnya sebagai pebalap muda potensial setelah berhasil memenangi persaingan ketat dengan Andrea Dovizioso dari Ducati di peringkat kedua.

Kemenangan Maverick ini bukan jadi satu-satunya hal menarik di pembukaan seri MotoGP musim ini. Balapan yang dilangsungkan di Sirkuit Losail ini, tercatat menyuguhkan beberapa hal menarik lainnya, ini dia 5 di antaranya.

Kemenangan Pertama Maverick di Yamaha

Kemenangan Pertama Maverick di Yamaha
Kemenangan ini adalah kemenangan pertama Maverick Vinales bersama tim barunya, Movistar Yamaha, sekaligus kemenangan keduanya di ajang MotoGP. Sebelumnya, saat masih memperkuat Suzuki musim lalu, Maverick juga pernah naik podium di posisi pertama pada MotoGP Inggris 2016. Kemenangan ini tentunya jadi debut yang manis buat pebalap yang saat ini masih berusia 21 tahun ini. Keren!

Sempat Hampir Batal

Sirkuit Losail, Qatar
Seri balapan pembuka yang dilangsungkan di Sirkuit Losail ini sebenernya sempet hampir dibatalin karena faktor cuaca di sekitar sirkuit yang kurang bersahabat. Selain balapan yang sempat tertunda beberapa saat, pihak Dorna sebagai penyelenggara sendiri akhirnya juga cuma menggelar balapan dengan 20 lap. Atau dua lap lebih sedikit daripada biasanya.

Ajang Pebalap Muda Unjuk Gigi

Aleix Esparargaro
Selain Vinales yang berhasil jadi juara dan naik ke podium, catatan para pebalap muda lainnya juga bisa dibilang nggak mengecewakan. Selain Johan Zarco yang nggak bisa melanjutkan balapan karena terjatuh, pebalap muda seperti Aleix Esparargaro berhasil finish di peringkat keenam. Disusul oleh pebalap muda lainya, seperti Jack Miller diurutan kedelapan, dan Alex Rins yang persis berada di belakangnya di peringkat sembilan.

Marquez Gagal Naik Podium

Marc Marquez
Juara dunia MotoGP musim lalu, Marquez justru sedikit kurang beruntung di seri pembuka MotoGP musim ini. Meskipun sempat berada di papan atas saat balapan, Marquez harus puas nggak naik podium setelah hanya berhasil finish di peringkat keempat. Ini adalah kedua kalinya Marquez gagal juara di seri pembuka balapan. Pada tahun 2015 lalu, Marquez juga gagal juara di seri pembuka MotoGP musim 2015.

Jorge Lorenzo Nggak Maksimal

Jorge Lorenzo beraksi di Sirkuit Internasional Losail, Qatar
Nasib yang nggak jauh berbeda dialami mantan pebalap Yamaha yang sekarang membela Ducati, Jorge Lorenzo. Pabalap asal Spanyol ini hanya bisa finish di peringakt ke-11, atau hanya naik satu peringakt dari posisi awalnya saat memulai balapan. Lorenzo sendiri sempat melebar di tikungan 4 pada lap pembuka balapan. GP Qatar tahun ini merupakan balapan pertama Lorenzo bersama Ducati, setelah sembilan musim sebelumnya memperkuat Yamaha.

“Start saya cukup bagus, saya berada di balakang Pedorosa dan Valentino (Rossi). Mungkin kalo nggak melebar di tikungan 4, saya bisa bertahan dengan mereka hingga pertengahan balapan,” kata Lorenzo seperti dikutip dari Kompas.com. Sabar ya pak.

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest