Follow Us

Kejam dan Bengis! Ini Dia 7 Organisasi Teror Paling Ditakuti Di Dunia

Dimas Yulian - Jumat, 03 Maret 2017 | 08:30
Ilustrasi
Dimas Yulian

Ilustrasi

Ancaman teror sampai sekarang emang masih jadi masalah serius buat stabilitas global. Ada berbagai organisasi teror di dunia yang seperti nggak mau ngeliat dunia berada dalam situasi yang damai. Tercatat ada tujuh organisasi teror paling ditakuti di dunia. Anyway, ditakuti dalam hal ini bukan berarti kita lantas takut dengan serangkaian teror yang sering mereka lakukan. Tapi lebih karena kekejamannya yang seperti ngingkarin nilai-nilai kemanusiaan secara universal! Dikutip dari DW, ini dia tujuh organisasi teror paling ditakuti di dunia:

Ilustrasi
ISIS

Kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) sendiri didirikan pada tahun 2004 di Irak dan jadi cikal bakal Negara Islam di Irak. Tapi kiprah kelompok teror ini baru terkenal secara global pada tahun 2014 setelah ngumumin secara sepihak berdirinya kekhalifahan di kawasan Irak dan Suriah. Organisasi ini sendiri dipimpin oleh Abu Bakr Al-Baghdadi, yang terkenal dengan terornya yang kejam dan brutal. Kelompok ini juga terkenal sering menghancurkan berbagai situs bersejarah yang ada di Timur Tengah.

Abu Sayyaf

Organisasi teror yang berasal dari Filipina ini berbasis di kepulauan Jolo dan Basilan. Kelompok ini berdiri di tahun 1991 dan masuk ke dalam grup teroris Amerika Serikat pada tahun 1997. Grup ini mendapatkan dana operasional kegiatan kelompoknya dari tebusan sandera dan hasil perompakan kapal barang. Kapal barang dari Indonesia bahkan pernah jadi salah satu korban perompakan yang dilakukan oleh kelompok ini. Tujuan utama kelompok Abu Sayyaf sendiri adalah buat mendirikan negara Islam merdeka di bagian selatan Filipina.

Al Shabab

Kelompok ini punya nama panjang Harakat Al-Shabaab Al- Mujahideen, tapi lebih populer dengan nama Al Shabab. Kelompok ini merupakan organisasi teror yang beroperasi di kawasan Afrika Timur atau di wilayah Tanduk Afrika. Punya basis di Somalia, kelompok ini juga sering menebar teror hingga ke Kenya dan negara di sekitarnya. Pada tahun 2006, Al Shabab pernah merebut kawasan luas di Somalia termasuk ibukota negara tersebut, Mogadishu. Tetapi akhirnya berhasil dipukul mundur oleh pasukan Somalia dan Ethiopia pada tahun 2007.

Taliban

Kelompok ini aktif di Pakistan sejak tahun 2007 lalu. Mereka memiliki afiliasi dengan sejumlah kelompok radikal lainnya di kawasan perbatasan Afganistan. Grup afiliasi Al-Qaeda ini punya tujuan buat menentang pemerintahan dan militer Pakistan. Kelompok ini juga terkenal anti-ideologi barat dan sering melancarkan berbagai macam teror di wilayahnya.

Boko Haram

Kelompok teroris ini bisa dikatakan masih baru. Boko Haram didirikan pada tahun 2002 lalu, dan memiliki nama panjang Jama’at Ahl as-Sunnah lid-da’wah wa’l-Jihad. Boko Haram sebenernya beroperasi di Nigeria tapi tetap meluaskan aksinya hingga di negara tetangga seperti Chad, Niger, dan Kamerun.

Kelompok ini terkenal sangat brutal dan kejam ketika beraksi. Aksi teror yang dilakukan pada tahun 2014 lalu bahkan banyak dapet kecaman dari publik internasional. Kelompok ini sendiri masih berafiliasi dengan kelompok ISIS dan bertujuan buat menumbangkan pemerintahan Nigeria.

Halaman Selanjutnya

Jabhat al-Sham
1 2

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest