Follow Us

Begini Penampakan Tamiya Live Action, Alias Mobil Balap Tanpa Pengemudi Pertama Di Dunia!

Dimas Yulian - Selasa, 28 Februari 2017 | 10:00
Robocar. mobil balap tanpa pengemudi yang akan berkompetisi di ajang Roborace
Dimas Yulian

Robocar. mobil balap tanpa pengemudi yang akan berkompetisi di ajang Roborace

Tamiya yang sempat nge-hits di Indonesia dibikin jadi nyata. Yap, Mini 4 WD versi live-action nih! Hal ini yang mungkin akan kamu inget pertama saat ngeliat tampilan mobil balap tanpa pengemudi pertama di dunia, yang bernama Robocar. Mobil yang punya bentuk futuristik ini emang sengaja di desain buat ajang Roborace, seperti dikutip dari Mashable. Roborace sendiri adalah kelas baru Formula Electronic (FE) atau balapan mobil formula bertenaga listrik yang akan memperkenalkan kategori tanpa pengemudi atau driveless.

Di balapan ini, semuanya akan serba elektrik dengan spesifikasi sama di antara semua peserta. Tim peserta hanya boleh memodifikasi software atau piranti lunaknya aja dalam ajang ini. Balapan ini nantinya akan berlangsung satu jam penuh dan akan diselenggarakan dua jam sebelum seri FE atau ePrix. Roborace ini sendiri difokuskan pada mobil futuristik dengan konsep tanpa kemudi yang punya tagline resmi ‘Driverless teams competing in a Battle of Algorithms’.

Sedangkan buat mobilnya sendiri, yang disebut dengan Robocar, nggak hanya terlihat keren. Robocar juga punya kemampuan yang nggak kalah dengan mobil balap konvensional. Layaknya Mini 4 WD, masing-masing roda pada Robocar memiliki tenaga motor hingga 300kW. Dengan tenaga sebesar ini, konon mobil ini bisa melaju hingga kecepatan 320 kilometer per jam. Buat mesin dan ‘otaknya’ sendiri, mobil ini menggunakan Nvidia Drive PX2 buat mengatur sensor kamera dan sensor khusus pada mobil.

Robocar
CEO Formula Electronic (FE), Alejandro Agag, mengatakan kali filosofi seri balapan yang cukup unik ini akan selaras dengan visi pengembangan mobil di masa depan. Yang ia gambarkan sebagai elektrik, terkoneksi, dan tanpa pengemudi.

Well, kalo dulu mainan Mini 4 WD kamu cuma bisa dimainkan di lintasan balap yang kecil, saat ini ada kompetisi ‘Mini 4 WD’ betulan yang bisa kamu tonton dengan ukuran yang sebenernya. Kita tunggu aja ya bakalan seseru apa lombanya!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

Latest