Follow Us

Jangan Cuma Pake, Ini Dia Sejarah Instant Camera Alias Polaroid!

Fadli Adzani - Selasa, 28 Februari 2017 | 09:00
Jangan Cuma Pake, Ini Dia Sejarah Instant Camera Alias Polaroid!
Fadli Adzani

Jangan Cuma Pake, Ini Dia Sejarah Instant Camera Alias Polaroid!

Fenomena kamera di dalam hidup anak muda merupakan hal yang tidak dapat terelakkan lagi. Apalagi, dengan bermunculannya kamera-kamera dengan teknologi mutakhir yang bisa mengambil gambar dengan sangat jernih dan tanpa cacat. Pastinya, anak-anak muda jadi seneng jeprat-jepret, deh!

Namun, terdapat fenomena tentang kamera yang lebih unik dan menarik lagi, yakni kamera instan, yang mengeluarkan gambar langsung dari tubuh kameranya sesaat kita mengambil foto.

Ya, Polaroid, merupakan sebuah merk pertama yang menciptakan kamera instan analog, didirikan oleh Edwin H. Land pada 1937 silam. Masyarakat dunia langsung kagum dengan ciptaan Edwin, pasalnya, pada zaman itu, sebuah gambar yang sudah dijepret harus melalui beberapa proses dulu baru dapat dijadikan ke dalam bentuk fisik. Berbeda dengan Polaroid, yang fisiknya langsung keluar sesaat kamu menjepret objek atau subjek yang kamu foto.

Polaroid langsung merambah pasar dunia dan laku dibeli oleh para pencinta fotografi. Seperti Polaroid tipe Spectra, SX-70 dan 600. Walau masih banyak banget tipe-tipe Polaroid lainnya, namun ketiga tipe Polaroid itu paling laku di pasaran karena mudah dipakai dan hasilnya sangat memuaskan!

Seiring berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang, banyak orang yang mulai meninggalkan Polaroid. Akhirnya, pada tahun 2008 – 2009, pabrik Polaroid yang terletak di Belanda ditutup, dan karyawan-karyawannya pun menjadi pengangguran.

Polaroid tipe SX-70
Namun, terdapat beberapa anak muda yang nggak rela dengan tutupnya merk kamera instan paling legendaris di dunia ini. Maka dari itu, mereka yang menamai dirinya sebagai Impossible Project, pun membeli pabrik Polaroid di Belanda seharga 3,1 juta dollar Amerika Serikat.

Anak-anak muda itu bernama Dr. Florian Kaps, Andre Bosman dan Marwan Saba. Ketiganya bertemu di hari penutupan Polaroid pada Juni 2008 dan setuju untuk membentuk perusahaan instan kamera menggunakan pabrik Polaroid dan seluruh mesin yang dimilikinya.

Nggak cuma itu, mereka pun juga menyewa jasa mantan karyawan Polaroid untuk membantu mereka mengerjakan segala aktivitas pembuatan isi Polaroid di dalam pabrik.

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest