Follow Us

Jangan Terbangkan Drone Dalam 4 Situasi Ini. Bahaya, Sob!

Rizki Ramadan - Jumat, 24 Februari 2017 | 03:30
Drone jangan diterbangkan di keramaian
Rizki Ramadan

Drone jangan diterbangkan di keramaian

Sekarang ini, remote control bukan lagi cuma ada di mobil-mobilan, tetapi juga pesawat. Yap, pasti udah pada tau dong yang namanya drone. Pesawat tanpa awak yang dikendalikan dari controller satu ini emang sedang hip banget. Komunitas-komunitasnya pun bermunculan. Nggak sedikit juga tuh media bahkan selebgram yang memanfaatkan.

Tapi belum banyak yang tahu kalau sebenernya drone tuh punya kelemahan juga. Nggak disetiap momen dan situasi drone bisa atau boleh diterbangkan. Amirullah, asisten instruktur dari Asosiasi Pilot Drone Indonesia yang juga mendukung DJI memberi tahu senggaknya ada tiga situasi kita sebaiknya nggak menerbangkan drone. Yaitu:

  1. Ketika angin kencang.
Sekuat-kuatnya tenaga drone, pasti akan goyah juga kalau diterjang angin. Terbangnya nggak stabil dan beresiko bikin drone kita kebawa sampe tempat yang nggak kita duga. Nggak mau kan drone kesayangan kamu nyangkut di pohon?

“Kalau angin kencang, kira-kira di atas 20 knot, lebih baik jangan menerbangkan drone. Susah mengendalikannya,” kata Amir.

  1. Awan Berpetir.
Walau hujan belum turun, tapi awan udah gelap dan berpetir, lebih baik jangan menerbangkan drone, deh. Amir mengingatkan, bahwa drone tuh barang elektronik, bakal rusak kalau tersambar petir. Dan sebagai benda yang terbang dan bisa mencapai ketinggian tertentu, resiko drone tersambar petir tuh besar.

  1. Hujan.
Sekali lagi, drone adalah barang elektronik. Jadi, kalau kena air, bisa konslet, bro! apalagi beberapa jenis drone tuh ada beberapa bagian yang terbuka. Bahkan, walau pun masih gerimis rintik-rintik, lebih baik jangan deh drone kamu diterbangin.

  1. Di Keramaian.
Amir menganjurkan kita untuk nggak menerbangkan drone di sebuah keramaian. Alasannya, beresiko menimpa orang kalau jatuh. “Beratnya drone sih nggak seberapa, paling 1,5 kilo. Tapi kan kalau dikali gaya gravitasi, ya lumayan juga. Lagi pula, kalau di keramaian itu, banyak hape kan. Sinyal drone bisa terganggu,” katanya.

Perhatikan yah, guys.

Editor : Rizki Ramadan

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest