Follow Us

Tahun 2117 Nanti Uni Emirat Arab Punya Rencana Bikin Kota Di Mars, Mungkin Nggak Ya?

Dimas Yulian - Selasa, 21 Februari 2017 | 08:30
Konsep kota yang akan dibangun UEA di Mars
Dimas Yulian

Konsep kota yang akan dibangun UEA di Mars

Uni Emirat Arab (UEA) selama ini emang sering bikin gempar berbagai media dengan sederet fasilitas yang sedikit di atas batas kewajaran. Mulai dari kendaraan polisi yang super canggih, ambulans yang menggunakan supercar, hingga ATM emas batangan yang enteng eja tersebar di berbagai sudut kota. Ckckck...

Nah, kali ini UEA bikin kita geleng-geleng kepala lagi. Uni Emirat Arab punya rencana yang buat sebagian orang pasti akan dianggap gila. Salah satu negara dengan sumber daya alam yang melimpah ini berniat buat ngebangun sebuah kota buatan. Yang mengejutkan, negara ini berniat bangun kota buatannya di Planet Mars!

<>The project, to be named "Mars 2117", integrates a vision to create a mini-city and community on Mars involving international cooperation. pic.twitter.com/v27jA3K3pS — HH Sheikh Mohammed (@HHShkMohd) February 14, 2017
Rencana ini sebenernya udah disebut oleh Pemerintah UEA pada tahun lalu. Mereka ingin ngebangun sebuah kota yang diharapkan bisa menghasilkan curah hujan yang tinggi. Alih-alih pengen ngebangun di bumi, karena belum menemukan tempat terbaik di area gunung, mereka dengan pedenya bilang ingin ngebangun proyek ini di Mars!

Seorang insinyur dari UEA bahkan udah menyiapkan konsep buat kota metropolis Mars yang akan mulai dikerjakan pada tahun 21107 nanti. Kota ini direncanakan akan punya luas setara Chicago dengan perkiraan jumlah penduduk mencapai 600.000 orang.

Menurut salah satu perwakilan pemerintah, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum, rencana ini bukanlah sekedar gagasan semata. UEA bahkan udah memiliki desain 3D dari proyek ambisius ini.

“Manusia memiliki ambisi yang nggak terbatas. Siapapun bisa melakukan terobosan ilmiah di abad ini. Saya percaya dengan kemampuan manusia buat meweujdkan kehidupan terbaik,” kata Sheikh melalui akun Twitternya seperti dikutip dari IFLScience.

Hal ini tentunya bikin khawatir beberapa negara yang memiliki lembaga antariksanya sendiri. Karena menurut perhitungan mereka, sampai saat ini data mengenai Planet Mars belom juga rampung. Meskipun udah ada rencana buat mengirim misi ke Mars pada tahun 2021, tapi rencana ini belom tentu berhasil.

Ratusan tahun lalu, manusia juga nggak akan pernah berpikir bisa menginjakkan kaki ke bulan. Tapi sekarang? semua terlihat masuk akal, kecuali kalo kamu penggemar teori konspirasi. Dengan perkembangan teknologi yang sedemikian pesat, gagasan-gagasan besar seperti ini nggak mustahil kok buat diwujudkan. To The Infinity and Beyond!

Source : Hai Online

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest