Follow Us

Dari yang Cantik Hingga Nenek-nenek Tua, Ini Dia Daftar Mata-mata Cewek Asal Korea Utara

Dimas Yulian - Sabtu, 25 Februari 2017 | 03:00
Kim Hyon Hui
Dimas Yulian

Kim Hyon Hui

Korea Utara baru-baru ini kembali jadi sorotan berbagai media dunia, setelah peristiwa terbunuhnya saudara tiri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Nam di Malaysia. Peristiwa yang kemudian juga menyeret nama seorang WNI asal Indonesia, Siti Aisyah, sebagai salah satu terduga pelaku ini, jadi sorotan publik dunia karena diduga melibatkan agen intelijen rahasia Korea Utara.

Korea Utara sendiri selama ini memiliki sejarah yang cukup panjang terkait dengan mata-mata perempuan. Mulai dari kasus meledaknya sebuah pesawat penumpang di Korea Selatan, skandal petinggi militer dengan mata-mata rahasia, hingga cerita seorang mata-mata yang kembali ke Korea Utara menggunakan kapal selam kecil. Seperti dikutip dari Associated Press, ini dia 3 mata-mata cewek paling terkenal dari Korea Utara.

Kim Hyon Hui

Pada bulan November 1987, dua mata-mata asal Korea Utara meletakkan sebuah bom dalam pesawat penumpang asal Korea Selatan. Aksi ini dilakukan ketika pesawat tersebut denag transit di Abu Dhabi dalam penerbangan dari Baghdad menuju Seoul. Pesawat ini kemudian meledak di wilayah udara lepas pantai Myanmar dan menewaskan 115 penumpang dan kru di dalamnya.

Kedua mata-mata yang menggunakan paspor palsu asal Jepang ini kemudian ditangkap ketika berada di Bandara Bahrain. Agen cowok yang berusia 72 tahun langsung bunuh diri ketika ditangkap dengan menggigit sianida yang disimpan dalam sebatang rokok. Sedangkan agen cewek kedua, Kim Hyon Hui, yang juga berupaya bunuh diri berhasil digagalkan. Kim yang awalnya dijatuhi hukuman mati karena peristiwa ini, di kemudian hari akhirnya menerima pengampunan karena dinilai telah menjadi korban penipuan pemimpin Korea Utara.

Won Jeong Hwa

Won Jeong Hwa masuk ke Korea Selatan sekitar tahun 2011 lalu dengan menyamar sebagai pengungsi dari Korea Utara. Hwa kemudian ditangkap dan menjalani hukuman lima tahun penjara pada tahun 2008. Otoritas Korea selatan menyebutkan, Hwa menggunakan daya tarik seksualnya buat mendapatkan informasi rahasia tentang militer Korea Selatan. Hwa diduga menjalin hubungan dengan perwira Korea Selatan dan merancang pembunuhan terhadap sejumlah pejebat militer lainnya.

Setelah dibebaskan dari penjara, Hwa mengaku jatuh cinta beneran kepada seorang tentara muda. Dia kemudian ngaku nggak menuruti perintah Korea Utara buat membunuh dua pejabat Korea Selatan dengan menggunakan racun. Wah, udah kayak drama-drama Korea aja ya.

Lee Sun Sil

Pada bulan Oktober 1992, Dinas Intelijen Korea Selatan menangkap 62 orang terkait pendirian cabang rahasia dari Partai buruh Korea Utara. Ujung tombak dari gerakan bawah tanah ini adalah seorang wanita asal Korea Utara yang telah berumur 75 tahun bernama Lee Sun Sil.

Lee sendiri diketahui telah menyusup ke Korea Selatan lebih dari sepuluh tahun yang lalu. Posisinya pun nggak main-main, Lee tercatat menduduki peringkat ke-22 dalam hierarki politik di Korea Utara. Dia berhasil terhindar dari penangkapan karena udah kembali ke Korea Utara ketika gerakan ini terungkap. Seorang bekas agen Korea Utara yang ditangkap terpisah pada pertengahan 1990-an mengaku menemani Lee dalam perjalanan ke Korea Utara pada tahun 1990.

Wah, ternyata agen rahasia nggak cuma ada di film action ya!

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest