Follow Us

Profesi-profesi Asik di Perusahaan Game

Alvin Bahar - Selasa, 15 November 2016 | 05:30
LINE Rangers
Alvin Bahar

LINE Rangers

Jadi game developer adalah mimpi banyak orang saat ini. Sebab, makin hari dunia game developer makin menjanjikan, karena di-support tekhnologi yang terus berkembang pesat.

Sayangnya, karena selama ini pekerjaan sebagai game developer kurang popular, banyak orang yang jadi nggak tau apa aja profesi yang bisa digeluti di perusahaan-perusahaan game besar. Makanya, berikut ini Hai kasih bocoran profesi-profesi asik dalam perusahaan game yang bisa lo bidik.

Programmer

Di perusahaan game, ini adalah salah satu profesi kunci, dengan tugas yang sangat bervariasi. Ada programmer yang bertanggung jawab untuk artificial intelligence (AI), programmer gameplay, programmer yang bertanggung jawab atas lancarnya grafis, sampai programmer yang menangani engine yang bisa mewujudkan game tersebut.

Walau dengan teknologi engine game yang ada sekarang makin banyak cara yang bisa dilakukan untuk bikin game tanpa pengetahuan mendalam tentang programming, developer tetap harus tau dasar-dasar programming supaya proses pengembangan game bisa lebih optimal.

Game Tester

Profesi ini kedua terbanyak setelah programmer. Kerjaannya sebenarnya bukan "main game”, tapi "mencari kerusakan" dalam game baru yang sedang dibuat. Game tester bertanggung jawab mendokumentasikan semua kesalahan/ kekurangan dalam game yang sedang dibuat, sekecil apa pun kesalahan itu. Termasuk bugs, kesalahan koding, hingga glitch.

Kalau berminat jadi game tester, pastikan lo memiliki kemampuan untuk bermain game yang baik dan memiliki ketelitian super. Selain itu, lo juga harus memiliki kemampuan menganalisa yang baik, karena lo juga harus bisa mendeskripsikan masalah-masalah yang ditemukan dengan sangat jelas.

Desainer Game

Beda dengan desainer grafis, desainer game nggak bertanggung jawab atas visual dalam game. Tapi lebih ke alur permainan dan memastikan agar pemain selalu bisa menikmati game yang dimainkan.

Karena tanggung jawabnya cukup luas, biasanya masing-masing desainer memiliki tanggung jawab yang berbeda. Ada yang berperan sebagai desainer level, ada yang mendesain gaya permainan dan menyeimbangkannya supaya nggak terlalu susah atau terlalu gampang, ada yang memastikan pengalaman bermain secara keseluruhan oke, dan ada juga yang bertanggung jawab untuk urusan cerita dalam game.

Artist 2D/ 3D

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest