Follow Us

Awas Resiko Sering Pake Fasilitas Wifi Gratis

Dimas Yulian - Rabu, 05 Oktober 2016 | 11:00
Ilustrasi Wifi Area
Dimas Yulian

Ilustrasi Wifi Area

Kamu pasti sering dong pake fasilitas Wi-fi gratis? Fasilitas Wi-fi di area publik emang menggoda banget buat dipake. Hampir mayoritas wisatawan dunia menggunakan fasilitas wi-fi gratis yang banyak tersedia di hotel, bandara, hingga restoran dan tempat wisata.

Tapi hati-hati bro, banyak wisatawan yang nggak tau fakta kalo mengakses Wi-fi gratis di tempat publik bisa beresiko tinggi!

Hal ini seperti yang ditulis situs perjalanan Skyscanner Australia. Di artikel yang dikutip dari KompasTravel, kamu harus hati-hati karena ternyata kebanyakan koneksi publik tidak aman. Terutama terkait password dan informasi data log-in.

Saat kamu mengakses Wifi gratis, kamu harus mewaspadai hacker yang akan mencuri informasi dan data diri. Karena ternyata, Wifi gratis cukup mudah diretas menggunakan perangkat lunak Sniffer.

Perangkat ini punya kemampuan buat memindai dan memindahkan data dari gadget kamu ke gadget lainnya. Dengan kata lain, orang lain bisa aja log in dengan data diri kamu, dan menggunakan data kamu buat mengakses situs lainnya.

Bahkan, bukan nggak mungkin hacker juga bisa melihat login history pada gadget yang kamu pake. Ini bisa memudahkan peretas buat mengakses situs dengan menggunakan data diri kamu. Hal ini tentunya sangat berbahaya.

Terus gimana dong cara mengaksesnya yang aman?

Caranya, kamu bisa mematikan fitur file sharing di gadget kamu. Sebisa mungkin jangan ketik nama, username, password, dan berbagai informasi sensitif lainnya.

Kalo misalnya udah terlanjur buka aplikasi atau situs tertentu pake password. Ada baiknya kamu langsung mengubah password-nya. Sedikit banyak, ini bakal membantu kamu agar terjauh dari para hacker.

Mulai sekarang lebih berhati-hati ya!

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest