Follow Us

Wah, Ternyata Cappuccino Nggak Boleh Diminum Selain Pagi Hari. Kenapa?

- Selasa, 04 Oktober 2016 | 02:30
Cappuccino
Hai Online

Cappuccino

Nongkrong di tempat ngopi jadi kegiatan yang sering kita lakukan, baik buat sekedar bareng sama teman-teman, atau juga pacaran. Iya, nggak? Namanya juga nongkrong di tempat-tempat ngopi, pasti mesennya ya minum kopi. Nah, salah satu jenis racikan kopi yang cukup populer adalah Cappuccino, yang merupakan racikan kopi yang disajikan dengan steamed milk. Jenis penyajian kopi ini berasal dari Italia, yang terkenal oleh kemampuan baristanya dalam meracik kopi dengan ciamik. Tapi, cappuccino nggak boleh diminum selain pagi hari lho.

Yap, karena di Indonesia cukup banyak yang suka cappuccino, ada info yang mesti kamu tau, nih. Seperti dituliskan Kompas.com, ternyata di negara asalnya yakni Italia, nggak ada orang yang memesan cappuccino lewat dari pukul 10.00 pagi.

"Orang Italia meminum cappuccino hanya untuk sarapan," tutur pakar kopi dari Italia sekaligus Export Manager pembuat mesin kopi Zicaffe, Giuseppe Trovato dalam acara International Coffee Day di Instituto Italiano Cultural, Jakarta, Sabtu (1/10/) kepada Kompas.com.

Hal ini karena cappuccino mengandung susu, yang menurut orang Italia, bisa mengenyangkan layaknya satu kali makan.

"Cappuccino mengandung lebih banyak susu dibanding kopi, sehingga penuh kalori," tambah Giuseppe.

Meski begitu, atas permintaan wisatawan, banyak kedai kopi di Italia yang menyajikan cappuccino hingga siang. Namun, kedai tersebut pasti tidak menerima pesanan cappuccino pada sore dan malam hari. Sebagai gantinya, mulai siang, kita bisa memesan 'un caffe, per favore'. Kita akan mendapatkan secangkir kecil espresso yang disajikan dengan air putih sebagai penetral rasa.

Kita juga bisa memesan cafe macchiato atau caffe doppio (double espresso) untuk memperlancar pencernaan. Saat malam, umumnya orang Italia memesan caffe corretto. Ini adalah kopi yang dicampur satu shot liquor.

Italia punya 20 wilayah, masing-masing memiliki varian kopi khas. Saat berkunjung ke Venesia, pesanlah espresso yang memang diciptakan di kota kanal tersebut. Jika kita berkunjung ke wilayah Trentino, cobalah cappucinno Viennese yang disajikan dengan campuran cokelat dan kayu manis. Di Naples yang merupakan tempat lahirnya pizza, terdapat varian kopi khusus yang dicampur hazelnut cream.

Hmm..., jadi pengen ngopi, nih!

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest