Follow Us

Malaysia Jadi Tamu Kehormatan di IIBF 2016, Ini Alasannya!

- Rabu, 28 September 2016 | 07:45
Malaysia Jadi Tamu Kehormatan di IIBF 2016, Ini Alasannya!
Hai Online

Malaysia Jadi Tamu Kehormatan di IIBF 2016, Ini Alasannya!

Jika tahun lalu Arab Saudi menjadi guest of honour di Indonesia International Book Fair (IIBF), maka tahun ini yang berkesempatan menjadi tamu kehormatannya adalah Negeri Jiran, Malaysia.

Menurut Menteri Pelajaran (Pendidikan) Malaysia, Dato' Seri Mahdzir Bin Khalid dalam sekapur sirih /sambutan yang disampaikannya pada pembukaan IIBF 2016 di Jakarta Convention Center, Rabu (28/9) ini, ada kesamaan antara kesusastraan Malaysia dengan Indonesia yang menjadikan keduanya saling menjaga kerjasama ini.

Hal tersebut menjadi dasar alasan mengapa Malaysia menjadi tamu kehormatan IIBF 2016.

"Sejak lama kita punya kesamaan dan ikatan persaudaraan masyarakat Melayu dengan Indonesia. Tidaklah heran, bacaan orang Malaysia adalah cerita dan karya sastra Indonesia, begitupun sebaliknya,” kata Dato Mahdzir di acara yang bakal berlangsung selama 5 hari berturut-turut di pekan ini.

Menurutnya Mahdzir, buku-buku sastra Indonesia dan melayu kerap dijadikan pilihan bagi para pelajar dan mahasiswa di Malaysia. Nggak heran, beberapa buku sastra Indonesia diterjemahkan ke dalam bahasa melayu agar bisa diserap maknanya terutama oleh minat baca warga Malaysia. Bahkan, disebutkannya juga beberapa buku dari sastrawan Indonesia kerap dijadikan buku dasar bagi pelajaran sastra di sana.

”Ada universiti-univerisiti di Malaysia, ada silabus khusus bagi mahasiswa Malaysia untuk mengakses kesusastraan Indonesia, sementara anak SMAnya dikasih pilihan untuk membaca karya-karya dari Indonesia,” terangnya lagi saat ditemui HAI usai acara pembukaan.

Sebagai tamu kehormatan di acara IIBF yang berlangsung dari tanggal 28 September sampai 2 Oktober ini, tenant Malaysia menyuguhkan 22 penerbit yang memamerkan karya sastra melayu baik yang berskala nasional atau juga internasional.

Pada acara pembukaan nggak sedikit sastrawan Melayu dari negeri Jiran ikut bertandang dan memamerkan karya di stand negaranya. Nggak cuma sastrawan, Ipin dan Upin, ikon tokoh kartun yang terkenal di Malaysia itu juga dibawa ke Jakarta dan ikut memeriahkan rangkaian acara.

Selain Malaysia, ada juga tenant dari negara-negara lain seperti Jerman, Bosnia, Korea, India, Singapura, Vietnam, Thailand, Myanmar, Belanda, China, Arab Saudi dan Indonesia tentunya punya segudang acara baik di main stage atau juga lobby stage. Ada banyak peluncuran buku, aktivitas loterasi, diskusi, dan berbagai acara seru lainnya.

Ajak juga teman-teman lainnya!

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest