Follow Us

Seperti Apa Film Yang Menang Bareng Headshot Di L’Étrange Festival Paris 2016?

- Kamis, 22 September 2016 | 09:30
They Call Me Jeeg Robot
Hai Online

They Call Me Jeeg Robot

Belum tayang di Indonesia, Headshot udah berhasil memenangkan sebuah penghargaan di L’Étrange Festival Paris 2016. Film garapan Timo Tjahjanto dan Kimo Stamboel –atau yang kita kenal dengan Mo Brothers– ini berhasil meraih gelar juara di kategori Grand Prix Nouveau Genre Award bersama dengan film karya seorang sutradara Italia, They Call Me Jeeg Robot. Yap, baru sekali-sekalinya setelah gelaran panjang L’Étrange Festival Paris, pemenang yang berhak mendapatkan hadiah bukan cuma satu film, melainkan dua film. Pasalnya, kedua film itu meraih penilaian yang sama, sehingga keduanya sama-sama berhak mendapatkan gelar juara. Jadi, seperti apa film yang menang bareng Headshot ini?

Gelaran L’Étrange Festival Paris ke-22 ini emang unik, karena menghadirkan dua film sebagai pemenang. Selain Headshot, They Call Me Jeeg Robot arahan Gabrielle Mainetti juga berhak menang. Terus, kalau Headshot punya cerita yang mirip-mirip Jason Bourne, maka They Call Me Jeeg Robot-nya Gabrielle Mainetti punya cerita yang nyerempet kisah superhero.

Tokoh utama dalam film They Call Me Jeeg Robot itu adalah Enzo Ceccotti (Claudio Santamaria), seorang pencuri yang tinggal di daerah pinggiran Roma, Tor Bella Monaca. Suatu hari, ketika ia kabur dari kejaran polisi, ia nggak sengaja jatuh ke dalam limbah radioaktif, yang membuatnya memiliki kekuatan super dan kemampuan untuk pemulihan diri yang cepat.

Dia kemudian balik jadi “respect” kepada orang-orang banyak, berkat seorang cewek cacat mental, yang mengira Enzo adalah tokoh manga Jepang, Hiroshi Shiba. Gara-gara kekuatan super yang ia miliki, Enzo pun beralih dari “supercriminal” ke superhero, dengan tujuan menyelamatkan cewek tadi dari kelompok gangster bernama The Gipsy.

Beda dari film Headshot yang baru akan keliling festival film dalam waktu dekat, film berdurasi nggak lebih dari dua jam ini justru udah cukup sering ikut festival film, dan nggak jarang juga menyabet gelar sebagai yang terbaik. Di tahun 2015, They Call Me Jeeg Robot udah pernah berpartisipasi di International Rome Film Festival. Sementara di tahun 2016, They Call Me Jeeg Robot telah berpartisipasi dalam kurang lebih 10 festival film, di antaranya 61th David di Donatello, Bari International Film Festival, Amsterdam Imagine Film Festival, Seattle International Film Festival, dan 73rd Venice International Film Festival. Kemenangan yang sempat film ini raih di antaranya adalah Best Actress dan Best Actor di 61th David di Donatello, serta Best Film di 56th Italian Golden Globes.

Sementara untuk film Headshot, setelah tayang di Toronto International Film Festival dan menang di L’Étrange Festival Paris 2016, film yang dibintangi Iko Uwais dan Chelsea Islan ini dijadwalkan akan tayang di Beyond Fest Los Angeles, Amerika Serikat, dari 30 September sampai 11 Oktober 2016.

Headshot juga akan ditayangkan di West Coast Premiere tanggal 4 Oktober 2016, di Mayhem Film Festival 2016 United Kingdom tanggal 13 Oktober 2016. Terus, masih ada 17 festival film internasional lain yang akan menayangkan Headshot.

Wah, nggak salah, deh, kalau dua film ini lantas disejajarkan sebagai pemenang di L’Étrange Festival Paris 2016. Sama-sama keliling festival terus, bro.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest