Follow Us

Ini Dia Smartphone Android Paling Terbaik yang Cocok Buat Lo

- Minggu, 21 Agustus 2016 | 08:00
Smartphone saat konser
Hai Online

Smartphone saat konser

Kebutuhan kita akan smartphone kayanya beda-beda tipis sama kaya kebutuhan kita sama nasi. Iya, nggak? Soalnya, smartphone udah kaya kebutuhan pokok, gitu, sih. Setelah bangun atau mau tidur, pasti yang dicek, smartphone, kan?

Mulai dari sekedar posting atau kepo di sociall media, sampai nge-game bis akita lakuin lewats entuhan jari. Bisa mati gaya kalo hidup tanpa smartphone. Nah, smartphone berbasis android jadi salah satu gadget yang paling banyak digunakan.

Sekarang, udah banyak banget vendor yang menciptakan smartphone berbasis Android. Meski demikian, tiap vendor punya standar baku berbeda-beda. Hal ini bikin kita bingung ketika ingin memilih ponsel baru.

Seperti yang HAI kutip dari KompasTekno, firma penelitian Apteligent berusaha memberi saran berdasarkan fakta lapangan. Melalui laporan teranyarnya, Apteligent mencoba mengidentifikasi pabrikan Android terbaik berdasarkan kecepatan update sistem operasi dan kerentanan terhadap crash.

Hasilnya menunjukkan perangkat-perangkat buatan Sony memiliki tingkat crash paling rendah, sebagaimana dilaporkan DigitalTrends dan dihimpun KompasTekno, Jumat (19/8) kemarin. Artinya, bangunan software Sony paling mapan di antara perangkat Android lain. Rata-rata crash yang ditemukan pada perangkat-perangkat Sony hanya sebesat 0,08 persen.

Di bawah Sony, ada empat vendor Android yang masih terhitung berkualitas dari segi software. Masing-masing adalah Motorola, HTC, Samsung, LG, dan ZTE. Tingkat crash-nya secara berurutan 0,09 persen, 0,10 persen, 0,11 persen, 0,11 persen, dan 0,28 persen.

Motorola paling update

Selanjutnya, berdasarkan kecepatan update sistem operasi, sampel penelitian hanya diambil di wilayah India dan Amerika Serikat. Penelitian ini juga mengesampingkan perangkat vendor yang bermitra dengan Nexus buatan Google.

Di India, Motorola memimpin kecepatan update. Selanjutnya predikat itu disusul LG, HTC, Samsung, Sony, dan ZTE. Di AS Motorola kembali memimpin. Hanya saja, predikat kedua diduduki HTC, lalu Samsung, LG, Sony, dan ZTE.

Dari paparan tersebut, vendor Android terbaik pun diraih Motorola dan HTC. Sedangkan posisi kedua didapatkan LG.

Untuk menjawab pertanyaan "ponsel mana yang harus dipilih?", Apteligent mengatakan flagship terbaru dari lima besar vendor dengan kerentanan crash terendah dan update paling cepat bisa dijadikan pilihan.

Misalnya Samsung Galaxy Note 7, LG V20 dan V11, Moto Z dan Moto Z Force, Xperia XA Ultra, ZTE Axon 7, serta perangkat anyar HTC berbasis Nexus selanjutnya. Nah, udah kebayang, dong kalo mau cari smartphone android terbaru mau beli yang mana?

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

PROMOTED CONTENT

Latest