Follow Us

Ini 3 Kelebihan Bluetooth 5 dari versi sebelumnya

- Sabtu, 20 Agustus 2016 | 02:30
Internet of Things Bluetooth
Hai Online

Internet of Things Bluetooth

Jujur aja, deh, sekarang ini, kalian semua pasti udah jarang banget gunain fitur bluetooth di hape kalian, kan? Yap, kalau kalian pernah menggunakan hape bersistem operasi Symbian, kayak fitur satu ini emang berguna banget, khususnya untuk berkirim data.

Tapi, memasuki era smartphone, si gigi biru seakan kehilangan keistimewaannya. Mentok-mentoknya, bluetooth digunakan untuk sinkron smartphone ke bluetooth speaker aja.

Well, setelah cukup lama nggak di-upgrade, akhirnya Special Interest Group (SIG) melakukan perombakan besar-besaran pada bluetooth. Perbedaannya cukup signifikan, loh, dari seri-seri sebelumnya dan so pasti berguna banget di era internet dan mobile kayak sekarang.

Mau tau apa aja kelebihan bluetooth 5? Nih!

Jangkauan setara WiFi

Dulunya, saat berkirim data, bluetooth memiliki keterbatasan jarak, yaitu 10 meter. Meskipun lebih baik dari infrared, tapi tetap aja, untuk zaman sekarang, udah nggak terpakai lagi. Makanya, SIG meng-upgrade jarak berkirim pada bluetooth 5 menjadi 20 hingga 30 meter.

Jarak segitu kurang lebih dengan koneksi WiFi, loh! Lumayan luas, kan, jadinya? Nggak perlu takut kiriman data kalian terputus lagi karena jarak sekarang.

Kecepatan transfer hingga empat kali lipat

Pada varian sebelumnya, bluetooth memiliki kecepatan transfer data kurang lebih 1 mbps. Nah, untuk bluetooth 5, SIG kembali meningkatkan kecepatan tersebut. Nggak tanggung-tanggung, kecepatan transfer yang disematkan di varian terbaru ini mencapai empat kali lipat!

Jadi, nggak ada lagi alasan ”lemot” dalam berkirim data dengan kapasitas yang besar. Udah gitu, bluetooth 5 ini diklaim lebih stabil, jadi nggak akan naik turun speed transfernya. Berkirim film atau album lagu? Lewat bluetooth 5 aja. Aman, sob!

Mendukung fitur Internet of Things

Salah satu syarat kalau sebuah teknologi bisa diterima di era sekarang ini adalah dapat terhubung dengan Internet of Things (IoT). Yap, teknologi yang sedang dikembangkan oleh berbagai perusahaan teknologi mutakhir dunia ini akan menjadi tolak ukur suatu teknologi lainnya dari segi kecanggihan.

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest