Follow Us

Sederet Alasan Kita Harus Punya PS4 Neo, Lebih Canggih dari PS4 Biasa!

Alvin Bahar - Kamis, 11 Agustus 2016 | 03:15
PS4 Neo
Alvin Bahar

PS4 Neo

Buat yang mau beli PS4, tahan dulu! Soalnya, Sony sebentar lagi bakal meluncurkan PS4 Neo, konsol yang dijanjikan lebih canggih dari pendahulunya tersebut.

Sony udah menyebar undangan ke media massa untuk sebuah acara pada 7 September mendatang di New York, AS. Event dengan nama "PlayStation Meeting" bakal jadi momentum bagi Sony untuk meluncurkan PlayStation 4 (PS4) Neo atau kerap pula disebut PlayStation 4.5.

PS4 Neo sudah menjadi pembicaraan hangat pada ajang E3 beberapa saat lalu. Apa saja yang bakal membedakan PS4 Neo dengan PS4 standar yang beredar saat ini?

Grafis memukau

Secara garis besar, PS4 Neo dikatakan kompatibel untuk semua game di PS4, namun dengan grafis yang lebih memukau dan resolusi tampilan lebih mumpuni. kalo PS4 cuma beresolusi 1080 piksel, varian Neo di-upgrade hingga berkualitas 4k untuk output game, film, maupun acara televisi.

Konsol teranyar itu diisukan memiliki GPU dengan 36 unit komputasi yang berjalan pada kecepatan 911 MHz. GPU itu meningkat signifikan dari yang tertera pada PS4, yakni memiliki 18 compute-units yang berjalan pada kecepatan 800 MHz. Bandwidth memori pada Neo pun gosipnya meningkat menjadi 218 GB per detik. Ia dikabarkan juga bakal dibekali dengan RAM DDR5 8 GB.

Lebih cepat dari PS4

Konsol tersebut juga digadang-gadang bakal lebih cepat dalam memuat konten game, sebagaimana dilaporkan Gameblog dan dihimpun KompasTekno, Rabu (10/8/2016).

Menurut rumor yang beredar, CPU PS4 Neo bakal dibekali "jeroan" dengan kecepatan 2,1 GHz, dari yang sebelumnya 1,6 GHz pada PS4 biasa.

Support PS4 VR

Kalo benar soal peningkatan performa, kualitas grafis, dan resolusinya, PS4 Neo akan jadi konol yang ideal untuk perangkat realitas virtual (VR) buatan Sony yang dijadwalkan meluncur pada Oktober mendatang. Tapi hingga kini pihak Sony belum memberi tanggapan resmi soal isu yang mengemuka. Konfirmasi berbagai isu bisa dipastikan dalam waktu kurang dari satu bulan. Duh, nggak sabar!

source: Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

Latest