Follow Us

Bounceboard, permainan aman mirip seperti skateboard

Salman Achmad - Kamis, 11 Agustus 2016 | 14:43
Satria Viji, Pro Skateboarder yang Juga Main Bounceboard
Salman Achmad

Satria Viji, Pro Skateboarder yang Juga Main Bounceboard

Untuk bermain skate biasanya diperlukan keberanian, dan juga nyali yang besar. Karena salah satu cabang olahraga ekstrim ini, memang bisa dibilang nggak bisa lepas dari cidera, seperti patah tangan atau kaki. Serem abis! Dan mungkin aja itu menjadi alasan membuat para pemula, jadi takut untuk mencobanya.

Namun ada suatu permainan baru yang mirip dengan skate, dan nggak kalah menarik! tapi memakai media trampolin sebagai pendukungnya, yakni Bounceboard. Bounceboard ini berasal dari Amerika Serikat dan mulai terkenal di tahun 2006. Papan permainan ini hampir mirip juga dengan Snowboarding, di mana papannya tersebut akan menempel dengan kaki si pemain.

Para pro skateboarders Indonesia, ada juga main permainan yang memakai media papan ini. Sebut saja namanya Deny TX, Rubi, dan Satria Viji. Satria viji salah satu orang yang sering main bounceboard dan dia pun, sangat senang main permainan ini. Karena bisa menjadi aktivitas pemanasan sebelum kembali dengan papan skate.

“Permainan bounceboard ini ngelatih banget, karena pas main skate gua pasti jarang pemanasan. Tapi kalau di bounceboard semua badan gua gerak, dan pas gua main skate badan gua jadi lebih enteng,” ungkap Viji.

Permainan ini beda jauh dengan skate trampoline. Tapi sah-sah aja kalau ada yang menyamakannya. Tapi bedanya, bounceboard memakai papan yang terbuat dari karet busa. Dengan papan itu akan jauh lebih safety, karenan permainain ini bisa dimainkan di segala umur.

Untuk bermain bounceboard, ada beberapa alat yang diperlukan untuk memainkannya. Pertama yang diperlukan adalah papan bounch, yakni sebuah papan yang terbentuk dari busa yang keras. Kemudian, harus memakai kaos kaki khusus yang ada rubber-nya, yang bikin kaki lo merekat dengan papan bounce, beda dengan kaos kaki biasa. Yang terakhir adalah trampoline.

Bermain bounceboard, nggak kenal kata sulit dan dapat dipelajari dengan mudah. Hal pertama yang lo harus pelajarin kalau mau main bounceboard adalah Bumping (lompat di trampoline). Untuk lompat di trampoline, bukan seperti lompat biasa, tapi ada tekniknya. Di mana lo harus menghentakan badan lo, ketika kaki menyentuh trampoline. Kalau lo udah jago lompat atau bumping, lo udah masuk kategori bisa main bounceboard.

Terus apakah main bounceboard cuma lompat-lompat doang? Nggak gitu guys. Karena ada beberapa trik di skateboard, yang dapat kita aplikasikan di bounceboard. Seperti trik flip dan grind. Namun ada juga trik bounceboard yang nggak bisa diterapkan di skateboard, seperti backflip.

“Kalau di bounceboard nggak bisa mengkombinasikan trik seperti di skate. Seperti kickflip terus ngerind. Jadi, kalau lo mau ngeflip, ya sebatas flip aja. Soalnya kalau bounceboard butuh bumper, sedangka di skate kan nggak perlu bumper,” tukas Viji.

Kalau lo ada yang tertarik untuk mengetahui lebih dalam soal bounceboard. Bisa membaca Hai edisi 34, yang terbit 22 Agustus 2016 nanti. Namun dari pada lo merasa kentang, Hai bakal ngasih video tips dan trick bermain Bounceboard bersama Satria Viji. Cek ya guys.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest