Follow Us

Mau Majalah Sekolah Lo Banyak Dibaca? Cobain Deh 7 Ide Konten Unik Ini

Rizki Ramadan - Rabu, 10 Agustus 2016 | 02:00
teman-teman SMAN 81 Jakarta sedang rapat membuat media sekolah
Rizki Ramadan

teman-teman SMAN 81 Jakarta sedang rapat membuat media sekolah

Lagi rapat redaksi majalah sekolah tapi semua anggota ngerasa mentok keabisan ide? HAI ngerti banget permasalahan itu. Soalnya, tiap minggu kan HAI rapat juga. Karena itu, HAI pengen ngasih beberapa ide asik yang bisa memicu ide-ide segar lainnya bermunculan di rapat redaksi majalah sekolah lo.

Sebenernya, majalah sekolah tuh majalah yang bebas. Kita bisa bikin konten apa pun, toh yang baca adalah kita-kita di sekolah juga kan?!

Ini dia beberapa ide dari HAI

  1. Artikel Interview Orang Sekitar Sekolah
Cari orang yang menurut kalian asik untuk diinterview, siapkan pertanyaan wawancaranya, ajak ngobrol mereka, dan rekam. Hasilnya bisa berupa video, atau artikel transkrip wawancara

Nggak mesti interview orang yang terkenal dan sukses, lho. Lo juga bisa interview:

  • Satpam sekolah lo yang galak
  • Ibu kantin yang suka ngasih bonus bakwan
  • Temen yang paling kocak satu sekolah
  • Abang gojek yang paling sering mangkal di depan sekolah
  • Guru BK lo yang sebaik ibu peri
  1. Artwork Galery
Pasti ada pelajaran seni rupa kan di sekolah? Nah, tiap kali dapet tugas bikin karya, ajak temen-temen lo untuk mengirim karyanya ke media sekolah. Terus, karya terbaiknya lo muat deh.

  1. Artikel Berantai
Kalau lagi bosen di jam pelajaran, apa yang lo lakukan? Main hape, atau tidur? Nah, ada baiknya lo inisiatif keluarin kertas, tulis satu kalimat secara random, terus lo oper-oper ke temen sekelas, minta mereka lanjutin kalimat itu sampai kertasnya penuh. Terus, scan dan muat deh artikel berantai itu di media sekolah lo. Hasilnya pasti ajaib tuh.

O ya, selain artikel bisa juga tuh bikin gambar berantai. Nggak kalah seru!

  1. Dirty Little Secret
Tiap anak pasti punya “dosa” yang pernah dilakukan di sekolah. Tugas lo adalah ajak mereka untuk mengakuinya, secara anonim pastinya. Minta temen-temen lo tulis pengakuan dosanya di potongan kertas, nggak usah ditulis namanya, terus lo kumpulin deh dan ditaro di majalah sekolah lo. Hati-hati dibaca guru. Hehe

  1. Candid moment
Tugaskan beberapa fotografer untuk nyari momen-momen seru selama di sekolah, candid temen-temen lo, terus cari foto yang paling kocak. Di majalah sekolah nanti, tambahin satu dua kalimat becanda untuk caption foto itu. Dijamin bikin ngakak.

  1. Ulasan sekolah lain
Kita selalu pengen tau kan gimana isinya sekolah lain? Nah, lo bikin deh konten yang membahas seluk-beluknya. Jadi, lo main ke sekolah lain, lo lihat kantinnya, cobain perpusnya, ajak ngobrol ketua OSISnya, foto-fotoin deh cewek-cewek cakepnya, cari keunikan sekolah tersebut, terus lo bikin ulasannya deh. Bentuk kontennya bisa macem-macem tuh. Bisa vlog, bisa artikel, atau sekedar kumpulan foto-foto aja.

  1. Kolom Curhat
Yah namanya juga anak muda, bro, seenteng apapun terlihatnya, pasti temen-temen kita juga pada punya masalah. Karena itu, mereka pasti butuh temen curhat yang terpercaya. Media sekolah bisa ngasih jawabannya, dengan menghadrikan layanan curhat. Di majalah sekolah, lo bisa terima surat curhat yang kemudian akan dijawab sama guru BK, misalnya. Lo juga bisa memanfaatkan official account LINE untuk buka sesi curhat. Tapi, pastiin curhatan temen lo terjaga dengan baik yah.

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

PROMOTED CONTENT

Latest