Follow Us

Meski Banyak Yang Kecewa, Suicide Squad Tetap Raup Pendapatan Tertinggi

- Senin, 08 Agustus 2016 | 08:02
Suicide Squad: Penjahat Tapi Protagonis
Hai Online

Suicide Squad: Penjahat Tapi Protagonis

Rasanya wajar, kalo film yang diangkat dari karakter komik selalu bisa membuat penonton bikin antrean panjang di bioskop. Contohnya aja yang tayang di tahun 2016 ini. Kayak Deadpool, Batman v Superman: Dawn For Justice, dan Captain America: Civil War. Tapi, guys, apa yang menjadi pencapaian Suicide Squad di pekan pertamanya tayang ini bener-bener cukup fantastis. Bukan sekedar ‘wajar’ aja. Yap! Mereka berhasil meraup pendapatan 135 juta dolar AS (sekitar Rp 1.78 triliun) selama akhir pekan penayangan perdananya di bioskop-bioskop Amerika Utara. Gede banget, kan, bro?

Cuma ada satu hal yang emang nggak bisa dipungkiri. Di luar angkanya yang tinggi, adanya kritik yang bertubi-tubi ditambah dengan reaksi penonton yang biasa-biasa aja setelah nonton film ini, membuat Suicide Squad yang diduga bisa meraup 145-150 juta dolar AS harus puas hanya berada di angka 135 juta dolar aja. Pasalnya, di akhir pekan pertamanya, film yang diputar di 4,255 lokasi bioskop ini emang mengalami penurunan penonton sekitar 41% dari hari sebelumnya.

Pun sebagaimana dikutip dari situs Hollywood Reporter, di luar Amerika Utara sendiri, film garapan David Ayer ini sanggup meraup 132 juta dolar (sekitar Rp 1.73 triliun) di sebanyak 57 titik penyebaran film. Otomatis, film ini langsung menjadi film yang paling gede gaungnya di bulan Agustus. Tentunya lagi, dengan pendapatan pekan pertama tadi, maka bisa dilihat, Suicide Squad berhasil mengantongi pemasukan global sebesar 267,1 juta dolar AS (sekitar Rp 3.5 triliun). Dan, film produksi Warner Bros dan DC Comics ini pun sontak menempati peringkat teratas dalam jajaran box office mingguan.

Sebelum Suicide Squad, rekor teratas pendapatan pekan pertama dipegang oleh Guardians of the Galaxy yang rilis tahun 2014. Waktu itu, film ini berhasil mengumpulkan 94,3 juta dolar AS menurut estimasi comScore yang dikutip Xinhua. Nah, berkat marketing Suicide Squad yang kita juga tau sendiri seperti apa kehebohannya, wajar kalo film yang dibintangi Margot Robbie dan Will Smith ini jadi bisa langsung ngebut ke posisi teratas.

“Dari persepsiku, ini adalah akhir pekan yang sangat menakjubkan. Agustus tak pernah merasakan angka 200 juta dolar atau lebih untuk pendapatan box office di pekan pertamanya. Ini adalah rekor akhir pekan yang dibawa oleh Suicide Squad,” ujar direktur distribusi Warner Bros., Jeff Goldstein, yang tak terlalu peduli terhadap penurunan pendapatan Suicide Squad menjelang hari-hari di akhir pekan pertama.

Di sisi lain, kritik dan ulasan yang nggak bisa dibilang baik pun terus menghujani film yang mengambil lagu Heathens dari Twentyone Pilots ini sebagai soundtrack. Pertanyaan orang-orang terhadap pendapatan keseluruhan Suicide Squad nantinya pun terus muncul. Dan, ya, jawabannya cuma bisa kita lihat sendiri waktu filmnya turun. Kira-kira, pendapatannya bakal bisa naik drastis lagi nggak, ya? Hmm…

Editor : Hai Online

Latest