Follow Us

Pesan dari Anies Baswedan Buat Pelajar yang Main Pokemon Go

Alvin Bahar - Rabu, 20 Juli 2016 | 04:15
Para Pokemon trainer yang datang ke GBK pada Minggu (17/7)
Alvin Bahar

Para Pokemon trainer yang datang ke GBK pada Minggu (17/7)

Hebohnya permainan "Pokemon Go" ikut mengundang perhatian Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan. Meski Pak Anies nggak ikut dalam keriaan permainan itu, namun anak sulungnya yang baru masuk SMA, Mikail Azizi, keranjingan permainan virtual itu. Anies Baswedan punya pesan buat pelajar yang main Pokemon Go.

Anies menilai permainan ini dapat menjadi kesempatan belajar buat kita kalo digunakan secara bijak.

"Permainan itu bisa diarahkan misalnya mencarinya di Taman Mini, museum, galeri, di tempat-tempat yang jadi kesempatan belajar. Jadi justru ini bisa diarahkan mencari ke tempat positif," kata Anies di Jakarta, Minggu (17/7).

Anies mengaku pihaknya bekerja sama dengan pengelola Pokemon Go untuk meramaikan pokemon di Museum Nasional yang berada di bawah Kemendikbud. Ia menyayangkan kalo Pokemon Go malah membuat anak SMA mencari Pokemon di tempat seperti kuburan atau jalan raya.

"Kalau Pokemonnya di tengah kuburan, di tengah jalan, jadinya di mana letak proses pembelajarannya? Jadi sebenarnya secara prinsip sebagai permainan menarik tapi yang harus dipikirkan adalah meletakkan Pokemon," katanya.

Anies memuji karakter permainan ini yang membuat pemainnya harus bergerak dan berjalan. Namun, ia mengingatkan agar saat berjalan mencari pokemon, tetap berhati-hati untuk menghindari kecelakaan.

"Di sisi lain pergerakannya bisa nggak terkontrol dan ini bisa seperti jaman kita dulu ngejar layang-layang sering lupa ada motor, ada kendaraan, terus nabrak. Nah itu harus dicegah," kata Anies.

Setuju banget Pak!

source: Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest