Follow Us

Dua Binatang Ini Jadi Kunci Sukses Portugal Juarai Euro 2016

Alvin Bahar - Senin, 11 Juli 2016 | 01:30
Portugal di Euro 2016
Alvin Bahar

Portugal di Euro 2016

Pada awal turnamen Euro 2016, mungkin tak banyak yang memprediksi bahwa Portugal akan keluar sebagai juara Piala Eropa 2016. Sebagian besar publik lebih menjagokan Perancis, Jerman, Spanyol, atau Italia. Apalagi, Portugal sempat terseok-seok karena sama sekali tak pernah menang pada fase grup. Namun, semua anggapan itu salah. Portugal sukses juarai Euro 2016!

Cristiano Ronaldo dkk untuk kali pertama berhasil menggondol Piala Eropa setelah menang 1-0 atas Perancis pada laga puncak. Kemenangan Portugal ditentukan oleh gol Eder pada menit ke-109.

Berdasarkan statistik UEFA, sepanjang pertandingan, Perancis sebetulnya melepaskan 17 tembakan yang tujuh di antaranya tepat sasaran.

Adapun Portugal hanya menciptakan tiga tembakan tepat sasaran dari sembilan peluang.

Selain itu, dari segi penguasaan bola, Perancis juga lebih baik. Les Bleus, julukan Perancis, tercatat mendominasi pertandingan hingga 54 persen.

Portugal are like that lad at uni who never turned up to any lectures but still got the highest marks in the class. pic.twitter.com/UpmHKiyqV4

— GeniusFootball (@GeniusFootball) July 11, 2016

Dilihat dari fakta-fakta di atas, apa sih kunci sukses Portugal jadi juara? Ternyata, gara-gara dua binatang: merpati dan ular. Yap, Portugal bermain seperti dua binatang ini, jadinya juara deh.

"Saya selalu katakan bahwa kami adalah tim. Saya jelaskan apa yang ada di pikiran saya kepada para pemain. Kami adalah tim dengan talenta yang luar biasa, tetapi perlu berjuang lebih keras dari para lawan," ujar Santos seusai laga.

"Kami adalah tim yang sederhana seperti seekor merpati, dan juga cerdik bagaikan seekor ular," kata pelatih berusia 61 tahun tersebut.

Menurut Santos, kesuksesan Portugal di Piala Eropa 2016 juga nggak terlepas dari dukungan masif dari para suporter Portugal.

Portugal's path to #EURO2016 glory...#POR #PORFRA pic.twitter.com/srC5iNVSri

— UEFA EURO 2016 (@UEFAEURO) July 10, 2016

Dukungan tersebut, kata Santos, membuat jiwa para pemain Portugal terangkat, sehingga termotivasi untuk menampilkan yang terbaik di atas lapangan.

"Sulit rasanya mendeskripsikan rasa emosional para pemain. Rasanya sungguh luar biasa," ucap Santos yang menangani Portugal sejak September 2014.

Selamat deh buat Portugal dan dua binatang inspirasinya!

Baca Juga

Source : Hai Online

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest