Follow Us

Kostum Iron Man Buatan BMW Ini Keren Banget

Alvin Bahar - Selasa, 28 Juni 2016 | 05:30
Iron Man BMW
Alvin Bahar

Iron Man BMW

Karakter komik seperti Doctor Octopus dengan empat tentakel logam untuk melawan Spiderman, serta Tony Stark dengan kostum Iron Man, telah menginspirasi rompi canggih, yang nantinya bakal digunakan pekerja pabrik mobil BMW. Kostum Iron Man buatan BMW ini bernama “Ekso Vest” (eksoskeleton). Ini merupakan perangkat (digunakan dengan cara digendong seperti tas ransel) untuk membantu mengurangi ketegangan otor pekerja, saat melakukan pekerjaan yang posisinya ada di atas kepala.

Perlengkapan ini diciptakan oleh Ekso Bionic dari Richmond, California. Produk ini dirancang ergonomis dan juga bisa membuat benda-benda tampak ringan, sehingga pekerja tidak mudah lelah.

“Dulu saya berpikir apakah kami benar-benar bisa menggunakan baju Iron Man untuk bekerja. Lalu, ketika saya melihat eksoskeleton pada TED Talk (Technology, Entertainment, Design), dan melakukan pengajuan, saya mendapat persetujuan manajemen untuk mulai lakukan program percontohan,” tutur Pochiro.

“Nantinya setipa pekerja akan memiliki masing-masing perlengkapan tersebut, untuk menjaga kehigienisan. Percobaan pertama akan dilakukan pada 30 pekerja yang ada di sini. Akhirnya kami bisa menggunakan ini,” ucap Pochiro.

BMW bukanlah yang pertama yang membuat kostum Iron Man di dunia nyata. Sebelumnya, produsen mobil terbesar di Korea Selatan, Hyundai Motor Group, telah memperkenalkan inovasi berupa robot yang bisa digunakan di tubuh manusia pada pekan lalu. Teknologi yang mirip karakter dari Marvel ini berguna membantu pekerjaan berat di banyak area.

Kegunaan yang pertama mirip banget sama Iron Man nih. Robot ini bekerja melipatgandakan kekuatan fisik asli manusia yang memakainya, jadi bisa membantu, misalnya, mengangkat beban lebih dari 60 kg sambil menaiki tangga. Tapi bukan hanya itu, Hyundai juga melihat potensi robot ini untuk digunakan para difabel.

Iron Man versi Korea ini juga bisa melakukan hal yang mustahil plus minim risiko cedera buat manusia. Bila digunakan tentara mampu membuatnya berjalan lebih jauh sambil membawa banyak perlengkapan.

Dalam pernyataan resminya, seperti diberitakan Xinhuanet.com, Jumat (13/5), Hyundai mengatakan, “pengembangan robot seperti ini sejalan dengan visi Hyundai Motor Group untuk kebebasan mobilitas masyarakat dan sebagainya”.

Hyundai hanya mendemonstrasikan tapi nggak menyebut kapan bakal dijual ke pasaran atau menjadi barang industri. Keren juga ya!

source: Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest