Follow Us

UI Naik Kelas di QS Asian University Ranking 2016

- Selasa, 14 Juni 2016 | 10:15
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia FEB UI
Hai Online

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia FEB UI

Kampus aja naik kelas, masa kamu nggak? Hehehe! Baru

Peringkat Universitas Indonesia (UI) di Asia melesat naik sebanyak 12 poin dalam jajaran top 100 universities se-Asia dengan peringkat ke-67. Padahal tahun sebelumnya UI menduduki peringkat ke-79 dan tetap menjadi perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Pemeringkatan tersebut berdasarkan penilaian yang dikeluarkan oleh lembaga pemeringkat bergengsi dunia Quacquarelli Symonds (QS) University Ranking 2016 terhadap lebih dari 350 perguruan tinggi di Asia yang dirilis pada Selasa (14/6) ini.

Rektor UI Prof.Dr.Ir.Muhammad Anis, M.Met mengaku bangga atas pencapaian tersebut, dengan pihaknya secara tidak langsung telah menunjukkan bahwa institusi pendidikan di Indonesia diakui oleh dunia. UI, katanya senantiasa berbenah guna menghasilkan para lulusan yang mandiri dan unggul serta siap menghadapi dan menyelesaikan permasalahan dan tantangan pada tingkat nasional maupun global.

“Pemeringkatan bukanlah tujuan utama yang dikejar sebuah institusi pendikan melainkan menghasilkan lulusan unggul serta meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian bagi masyarakat. Peningkatan kualitas salah satunya dapat dilakukan dengan memenuhi parameter-parameter yang digunakan oleh lembaga pemeringkatan universitas di dunia. Namun, kami berbangga hati atas pencapaian ini," ujar Anis seperti dalam rilis yang HAI terima, Selasa sore.

Pencapaian UI tidak terlepas dari pemenuhan seluruh parameter. Berdasarkan hasil kalkulasi yang dilakukan tim QS, UI unggul pada Kualitas Tenaga Pendidik, Reputasi Akademis, Jumlah Tenaga Pendidik Asing di UI serta Kegiatan belajar-mengajar di setiap fakultas.

Selain itu, indikator lain yang berhasil dipenuhi diantaranya terdapat peningkatan signifikan dalam publikasi jurnal hingga mencapai angka 200%, pengelolaan sumber daya manusia di tingkat universitas maupun fakultas serta tata kelola organisasi yang mencakup budaya, kebiasaan, kebijakan dan upaya internasionalisasi komunitas mahasiswa maupun tenaga pendidik. Upaya ini juga sejalan dengan program pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi, riset dan inovasi guna mendukung daya saing bangsa. Mau tahu 10 kampus terbaik dalam negeri di rangking Asia 2016. Berikut hasilnya!

10 kampus terbaik dalam negeri di rangking Asia 2016

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest