Follow Us

Suka Duka Siswa Yang Menjalani Puasa di Sekolah Non-Muslim

Rizki Ramadan - Selasa, 14 Juni 2016 | 09:32
ilustrasi puasa di sekolah nonmuslim
Rizki Ramadan

ilustrasi puasa di sekolah nonmuslim

Bukan pelajar muslim yang sekolah di negara-negara barat saja yang merasakan gimana “menantangnya” berpuasa sendiri di tengah mereka yang tidak diwajibkan. Pelajar muslim di sini yang memilih bersekolah di sekolah nonmuslim pun tahu persis gimana rasanya nahan lapar dan dahaga sementara teman-temannya makan dan berkegiatan kayak biasa.

Kita tanya deh gimana suka dukanya ke Jalu Tathit, siswa muslim di SMA Kolese Debritto Yogyakarta. Ia mesti menyesuaikan diri untuk mengikuti jadwal dan aturan sekolah yang berjalan sebagaimana biasanya.

“Semua aktivitas di sekolah antara bulan puasa dan hari biasa sama saja,” kata cowok kelas XI ini. Kantin masih tetap buka dan ramai tiap jam istirahat, jam pelajaran olahraga pun berjalan sebagaimana biasanya tanpa pengecualian, dan temen-temen akan tetap jajan dan makan kapan pun.

Hal ini bikin Jalu kudu beradaptasi banget, apalagi saat SMP ia udah terbiasa dengan teman-teman yang kebanyakan puasa saat bulan Ramadhan.

Jalu mengakui, godaan untuk membatalkan puasa tuh bukan satu-dua kali datengnya, bahkan bisa tiap hari dan tiap jam. Sesekali, niat buka puasa sebelum azan magrib juga muncul. Untung aja, Jalu selalu berhasil menahan diri.

“Puasa di sini jadi terasa lebih berarti, karena kemampuan kita menahan nafsu dan cobaan itu bener-bener diuji. Jadi, puasanya nggak kayak biasanya yang cuma banyak tidur dan aktivitasnya dikurangin,” lanjut siswa yang sengaja milih masuk masuk Kolese Debrrito demi meraskaan pengalaman baru.

Nyatanya, pengalaman ini pun menjadi penting bagi Jalu karena ia jadi tahu gimana rasanya jadi minoritas. Dari situ, Jalu makin paham sama yang namanya toleransi. Salah satu buktinya, temen-temen Jalu selalu berusaha bersembunyi dari Jalu saat makan, ya senggaknya nggak di depan Jalu lah. Nggak bikin Jalu ngiler.

“Saat kita jadi minoritas akan lebih merasakan adanya toleransi ketimbang kalau kita sedang jadi mayoritas. Karena biasanya yang mayoritas sering mengabaikan yang minoritas jadi ya jarang ngrasain toleransi seperti itu,” kata Jalu panjang lebar.

Puasanya Pernah Batal Nggak?

Pertanyaan satu ini ada baiknya kita ajukan ke Virly, siswi yang baru ajak lulus dari SMK Tarakanita Jakarta. Cewek muslim ini ngaku pernah batal puasa gara-gara pelajaran olahraga. Bukan karena dipaksa atau nggak dikasih keringanan, kok. Cuma aja, Virly sendiri yang ngerasa dirinya kuat. Padahal….

“Saat itu lagi ujian praktek. Sebenernya guru gue udah kasih keringanan. Cuma gue nggak enakan, jadi gue coba ikut ujian praktek lari itu. Eh, taunya setelah itu jadi haus banget. Batal deh. Hehe. Cemen yah,” cerita Virly santai.

Tapi pelajaran olahraga bukan tantangan yang seberapa bagi Virly. Ada yang lebih bikin Virly harus nahan emosi, yaitu jam pelajaran dan waktu liburan. “Gue nggak pulang cepet kayak sekolah negeri atau sekolah swasta islam. Sebel. Udah gitu, liburan lebarannya cuma seminggu,” keluh Virly.

Halaman Selanjutnya

Tetap Ada Bukber
1 2

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest