Follow Us

Mungkin Nggak sih Ada "Nirvana Baru" di Dunia Musik?

Alvin Bahar - Kamis, 09 Juni 2016 | 04:15
Nirvana
Alvin Bahar

Nirvana

Flashback sedikit ke tahun 1991, dunia lagi tergila-gila banget sama Nirvana. Album Nevermind dengan hit single Smells Like Teen Spirit sukses menguasai dunia dan menggeser para band hair metal - bahkan Michael Jackson - dari chart musik. Kayaknya, belum ada lagu fenomena musik sebesar band yang dikomandoi oleh Kurt Cobain tersebut. Tapi mungkin nggak sih bakal ada "Nirvana baru" di dunia musik?

Butch Vig, produser album Nevermind, menjawab pertanyaan tersebut saat diwawancarai Faster Louder. "Mungkin aja, tapi nggak bakal sama seperti dulu. Sekarang nggak mungkin CD terjual sebanyak 20 juta keping meskipun albumnya sangat fenomenal," ucapnya.

"Akan ada band yang merilis sesuatu seperti Nevermind," yakinnya. "Mungkin aja penyanyi folk atau hip-hop. Atau musisi jazz," tambahnya.

Nirvana keluar di saat yang tepat

Butch juga ngasih bocoran kenapa Nirvana bisa sesukses itu di tahun 1990-an. "Seseorang harus membuat rekaman yang kuat dan berbicara kepada apa yang ada hari ini dan punya lagu yang gokil. Kalo kamu bisa bikin lagu yang gokil, kamu bisa sebesar Nirvana," akunya.

Cowok yang menjabat sebagai drummer Garbage ini juga bilang kalo mayoritas musik zaman sekarang cuma didengar sebagai pelarian aja. Nggak ada yang bikin musik yang "berbicara" seperti Nirvana.

"Saya pikir ketika Nevermind keluar, saatnya sangat tepat. Album itu ngomong kepada generasi yang nggak ngerti hiodup. Kurt berhasil berbicara kepada mereka, sama seperti yang Bob Dylan atau John Lennon lakukan," ucap cowok yang juga jadi produser album Wasting Light milik Foo Fighters tersebut.

Sayang, Butch belum tau suara seperti apa yang bisa jadi Nirvana baru.

"Musik sebenarnya muter-muter aja. Ketika suatu genre populer, maka akan dapet eksposur dan fans besar-besaran. Lalu, sesuatu yang baru seperti Nirvana di tahun 1991 datang dan menyapu mereka semua. Kalo saya tau seperti apa yang baru itu, saya pasti sudah merekam mereka. Saya belum tau apa yang akan datang tapi itu akan segera tiba," paparnya.

Jangan-jangan... band kamu nih yang bakal jadi Nirvana baru?

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest